ProfilKemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Pemberian Pelajaran Al-Qur’an Hadis Pada Siswa Di Mi Ma’arif Kadipaten Babadan Ponorogo

Taqwiim, Muhammad Akhsani (2019) ProfilKemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Pemberian Pelajaran Al-Qur’an Hadis Pada Siswa Di Mi Ma’arif Kadipaten Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi awim unggah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Taqwiim, Muhammad Akhsani. 2019. Profil Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Pemberian Pelajaran Al-Qur’an Hadis pada Siswa di MI Ma’arif Kadipaten Babadan Ponorogo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag.

Kata Kunci : kemampuan membacaAl-Qur’an, mata pelajaran Al-Qur’an Hadis

Mempelajari Al-Qur’an adalah kewajiban yang diperintahkan oleh Allah Swt. kepada setiap muslim dan muslimah. Selain sebagai kebutuhan, Al-Qur’an adalah kitab hidayah yang menunjukkan jalan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Siswa Madrasah Ibtidaiyah diberi mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dengan salah satu tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an setiap siswanya. Dari observasi penulis di MI Ma’arif Kadipaten Babadan Ponorogo, diketahui bahwa hanya dengan mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kurang mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, sehingga diperlukan jam tambahan untuk membaca Al-Qur’an.
Penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam melafalkan huruf hijaiyah di MI Ma’arif Kadipaten Babadan Ponorogo (2) Untuk mengetahui kemampuan memahami ilmu tajwid siswa di MI Ma’arif Kadipaten Babadan Ponorogo (3) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam kelancaran membaca Al-Qur’an di MI Ma’arif Kadipaten Babadan Ponorogo.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena yang dialami oleh subyek penelitian. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan adalah melalui langkah-langkah sebagai berikut:(1) Reduksi data(2) Display/ penyajian data dan (3) Mengambil kesimpulan/verifikasi.
Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Kemampuan siswa dalam melafalkan huruf hijaiyah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MI Ma’arif Kadipaten Babadan Ponorogo masih belum maksimal. Huruf-huruf yang relatif sukar dilafalkan para siswa antara lain: ظ ث س د ذ ض. Sedangkan pada kelas 4, 5 dan 6 seluruh siswa sudah hafal huruf hijaiyah. Kemampuan memahami ilmu tajwid siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MI Ma’arif Kadipaten Babadan Ponorogo, pada kelas 4,5 dan 6 secara umum sudah baik, sedangkan pada kelas 1, 2 dan 3 materi ilmu tajwid belum disampaikan. Kemampuan siswa dalam kelancaran membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MI Ma’arif Kadipaten Babadan Ponorogo pada kelas 4, 5 dan 6 mayoritas sudah baik, dan pada kelas 1,2 dan 3 masih dalam taraf hafalan surat-surat pendek saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Nov 2019 07:07
Last Modified: 08 Nov 2019 07:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8263

Actions (login required)

View Item View Item