upaya meningkatkan prestasi belajar fikih dengan menerapkan strategi pembelajaran jigsaw (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas viii mts sulamul huda siwalan mlarak ponorogo)

Hamdani, Verra (2019) upaya meningkatkan prestasi belajar fikih dengan menerapkan strategi pembelajaran jigsaw (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas viii mts sulamul huda siwalan mlarak ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
VERRA HAMDANI edit.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hamdani, Verra. 2019. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Fikih Dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Jigsaw (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII MTs Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo). Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Drs. Moh. Mukhlas, M.Pd.

Kata kunci: Jigsaw, Prestasi Belajar, Fikih, Keaktifan Belajar Siswa.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya prestasi belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VIII di MTs Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo. Hal ini disebabkan karena pada waktu proses pembelajaran berlangsung terdapat siswa yang tidak memperhatikan guru saat menjelaskan materi, kurangnya keaktifan siswa dalam belajar terhadap materi dikarenakan metode yang digunakan monoton, serta rendahnya prestasi belajar siswa, sehingga pada saat pembelajaran 70% siswa belum sepenuhnya berpartisipasi aktif didalam kelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas tersebut dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Jigsaw.
Tujuan penelitian ini adalah (1.) Untuk menjelaskan besaran peningkatan prestasi belajar Fikih siswa kelas VIII dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Jigsaw di MTs Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo. (2.) Untuk menjelaskan besaran peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran Fikih kelas VIII dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Jigsaw di MTs Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII MTs Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo yang berjumlah 21 siswa.
Dari analisis data ditemukan (1.) Hasil prestasi belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada siklus I 52%, meningkat pada siklus II menjadi 90%. (2.) Hasil keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada siklus I kategori tinggi 24%, sedang 43%, rendah 33%, meningkat pada siklus II menjadi katogori tinggi 86%, sedang 14%. Dengan demikian, pembelajaran Fikih dengan Jigsaw yang mampu meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar adalah sebagai berikut: a) Membagi kelompok belajar siswa, b) Membagi materi pembelajaran, c) Diskusi dengan kelompok ahli, d) kembali kepada kelompok asal untuk berdiskusi kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Nov 2019 07:07
Last Modified: 08 Nov 2019 07:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8262

Actions (login required)

View Item View Item