dampak bullying terhadap kesehatan mental anak (studi kasus di mi ma'arif cekok babadan ponorogo)

Muliasari, Nindya Alifian (2019) dampak bullying terhadap kesehatan mental anak (studi kasus di mi ma'arif cekok babadan ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
BAB I-BAB VI.pdf

Download (617kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Muliasari, Nindya Alifian. 2019. Dampak Perilaku Bullying Terhadap Kesehatan
Mental Anak (Studi Kasus di MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo).
Skripsi.Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi
Rohmah M.Pd.I.
Kata Kunci: Dampak Perilaku Bullying, Kesehatan Mental Anak
Bullying adalah suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan dengan cara
menyakiti dalam bentuk fisik, verbal atau emosional/psikologi oleh seseorang atau
kelompok yang merasa lebih lemah fisik ataupun mental secara berulang-ulang
tanpa ada perlawanan dengan tujuan membuat korban menderita. Perilaku
bullying di MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo dapat menciptakan suasana
lingkungan yang kurang mendukung terhadap perkembangan anak, baik fisik
maupun mentalnya. Perilaku bullying yang terjadi di MI Ma’arif Cekok Babadan
Ponorogo berupa fisik dan non fisik/verbal. Bullying ini muncul karena adanya
salah paham dan masalah kecil sehingga menimbulkan dampak bagi kesehatan
mental korban.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk
perilaku bullying di MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo, (2) mendeskripsikan
dampak perilaku bullying terhadap kesehatan mental anak di MI Ma’arif Cekok
Babadan Ponorogo, dan (3) mendeskripsikan upaya sekolah dalam mengurangi
perilaku bullying di MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
jenis penelitian studi kasus. Untuk menemukan data peneliti menggunakan teknik
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisa
interaktif Miles dan Huberman dengan tahapan terdiri dari reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ditemukan bahwa (1) bentuk perilaku bullying verbal yang
terjadi di MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo yaitu memfitnah korban dan
orang tua korban, mengejek, mengancam, dan berkata kotor. Sedangkan bentuk
bullying fisik yang terjadi yaitu memukul, mengambil barang, dan mencubit; (2)
dampak bullying terhadap kesehatan mental yaitu korban bullying menjadi
pendiam, lemas, takut saat bertemu dengan pelaku, lelah dengan perlakuan
pelaku terhadap dirinya, menjadi sangat pemurung, dan juga tidak bersemangat
dalam belajar; (3) upaya sekolah dalam mengurangi perilaku bullying yaitu
menasehati, menegur, memberikan pendidikan agama sejak dini kepada siswa,
memberikan pendidikan karakter yang kuat melalui kegiatan pembelajaran,
mengisi waktu luang dengan sesuatu yang bermanfaat misalnya ektrakurikuler
pramuka, hadroh, dan tahfidz Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Nov 2019 02:44
Last Modified: 08 Nov 2019 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8256

Actions (login required)

View Item View Item