Analisis Pembiayaan Pendidikan untuk Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus MTs Al-Azhar Sampung Ponorogo)

fathurrohman, baasith (2019) Analisis Pembiayaan Pendidikan untuk Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus MTs Al-Azhar Sampung Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BAASITH FATHURROHMAAN - 212217060.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fathurrohmaan, Baasith. Analisis Pembiayaan Pendidikan untuk Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus MTs al-Azhar Sampung Ponorogo)”. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata kunci: Pembiayaan Pendidikan, Kinerja Guru, MTs al-Azhar Sampung
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu dilema antara peningkatan mutu dengan pemerataan pendidikan. Usaha peningkatan mutu pendidikan akan berakibat kepada usaha pemerataan pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan melalui mutu proses pembelajaran dengan meningkatkan kemampuan guru akan membatasi terhadap penambahan kesempatan belajar bagi masyarakat luas. Jika kedua-duanya harus dilaksanakan secara simultan, maka hal ini akan menuntut adanya penambahan biaya yang lebih banyak. Tugas guru adalah memberikan pengetahuan sikap dan nilai serta keterampilan kepada anak didik. Juga guru itu berusaha menjadi pembimbing yang baik dengan arif dan bijaksana sehingga tercipta hubungan dua arah yang harmonis antara guru dan anak didik.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini dirumuskan menjadi 3, yaitu (1) Untuk mendiskripsikan perencanaan pembiayaan pendidikan di MTs al-Azhar Sampung Ponorogo. (2) Untuk menjelaskanpelaksanaan penganggaran pembiayaan pendidikan di MTs al-AzharSampung Ponorogo. (3) Untuk menggambarkan pelaporan pertanggungjawaban pembiayaan pendidikan di MTs al-Azhar Sampung Ponorogo.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa: (1)MTs al-Azhar Sampung Ponorogomerencanakanpembiayaan pendidikan dengan pemenuhan kebutuhan guru dalam pembelajaran seperti pemenuhan media komputer dan internet untuk menunjang pembelajaran, (2)MTs al-Azhar Sampung Ponorogomelaksanakan pembiayaan pendidikan dengan melakukan pelatihan guru, seminar dan hal-hal lain guna meningkatkan kinerja guru, (3) MTs al-Azhar Sampung Ponorogo melakukan laporan pertanggungjawaban dengan mengumpulkan bukti-bukti pembayaran kemudian direkap dan ditulis sesuai dengan format yang telah disediakan dari Kemenag, selanjutkan dimintakantanda tangan kepada madrasah kemudian dilaporkan ke Kemenag untuk disetujui.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Nov 2019 02:01
Last Modified: 08 Nov 2019 02:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8241

Actions (login required)

View Item View Item