(KESEDIAA PUBLIKASI BELUM ADA) Dampak Bullying terhadap Kesehatan Mental Anak (Studi Kasus di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo)

Muliasari, Nindya Alifian (2019) (KESEDIAA PUBLIKASI BELUM ADA) Dampak Bullying terhadap Kesehatan Mental Anak (Studi Kasus di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
BAB I-BAB VI.pdf

Download (446kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Muliasari, Nindya Alifian. 2019. Dampak Perilaku Bullying Terhadap Kesehatan Mental Anak (Studi Kasus di MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo). Skripsi.Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah M.Pd.I.

Kata Kunci: Dampak Perilaku Bullying, Kesehatan Mental Anak

Bullying adalah suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan dengan cara menyakiti dalam bentuk fisik, verbal atau emosional/psikologi oleh seseorang atau kelompok yang merasa lebih lemah fisik ataupun mental secara berulang-ulang tanpa ada perlawanan dengan tujuan membuat korban menderita. Perilaku bullying di MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo dapat menciptakan suasana lingkungan yang kurang mendukung terhadap perkembangan anak, baik fisik maupun mentalnya. Perilaku bullying yang terjadi di MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo berupa fisik dan non fisik/verbal. Bullying ini muncul karena adanya salah paham dan masalah kecil sehingga menimbulkan dampak bagi kesehatan mental korban.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku bullying di MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo, (2) mendeskripsikan dampak perilaku bullying terhadap kesehatan mental anak di MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo, dan (3) mendeskripsikan upaya sekolah dalam mengurangi perilaku bullying di MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk menemukan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisa interaktif Miles dan Huberman dengan tahapan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ditemukan bahwa (1) bentuk perilaku bullying verbal yang terjadi di MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo yaitu memfitnah korban dan orang tua korban, mengejek, mengancam, dan berkata kotor. Sedangkan bentuk bullying fisik yang terjadi yaitu memukul, mengambil barang, dan mencubit; (2) dampak bullying terhadap kesehatan mental yaitu korban bullying menjadi pendiam, lemas, takut saat bertemu dengan pelaku, lelah dengan perlakuan pelaku terhadap dirinya, menjadi sangat pemurung, dan juga tidak bersemangat dalam belajar; (3) upaya sekolah dalam mengurangi perilaku bullying yaitu menasehati, menegur, memberikan pendidikan agama sejak dini kepada siswa, memberikan pendidikan karakter yang kuat melalui kegiatan pembelajaran, mengisi waktu luang dengan sesuatu yang bermanfaat misalnya ektrakurikuler pramuka, hadroh, dan tahfidz Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Nov 2019 01:57
Last Modified: 08 Nov 2019 01:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8233

Actions (login required)

View Item View Item