Ruwaida, Lailatul (2019) Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Audio Di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
211115008 LAILATUL RUWAIDA.pdf Download (980kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Ruwaida, Lailatul. 2019. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Audio di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Edi Irawan, M.Pd.
Kata Kunci: Guru, Kreativitas, Anak Usia Dini
Kognitif adalah suatu proses berfikir, yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan, suatu kejadian atau peristiwa. Pengembangan kognitif sangat penting dikembangkan sejak dini karena kognitif sangat berpengaruh sekali dalam pengembangan aspek-aspek perkembangan anak usia dini. Fakta ditemukan bahwa peserta didik di TK Muslimat NU 001 Ponorogo ada yang sudah cukup baik tingkat kognitifnya. Ada pula sebagian anak yang masih kurang dalam kognitifnya atau kemampuan berfikirnya.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui profil kemampuan kognitif anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo; 2) untuk mengetahui langkah-langkah dalam penggunaan media audio dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo; dan (3) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan kognitif anak usia dini melalui media audio di TK Muslimat NU 001 Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari analisis data disimpulkan bahwa: (1) profil kemampuan kognitif anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo, yaitu (a) pengetahuan, berisi tentang hadist-hadist, sholawat nabi, bacaan-bacaan sholat, surat pendek, doa-doa harian dan lain sebagainya, (b) pemahaman, guru mereview kembali apa yang telah diputar dari media audio, sehingga dengan mudah anak memahami isinya, (c) penerapan, menerapkan isi kandungan media audio dalam kehidupan sehari-hari, (d) analisis, anak mampu membedakan perbuatan yang benar atau salah, (e) sintesis, anak mampu bermain pura-pura; dan (f) evaluasi, mengevaluasi dirinya sendiri maupun orang lain sesuai dengan yang disampaikan dari hadist yang telah didengar anak; (2) Langkah-langkah penggunaan media audio dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo, yaitu (a) langkah persiapan, guru menyiapkan materi berbeda setiap harinya dan memfokuskan konsentrasi anak; dan (b) langkah penyajian, disajikan di waktu pagi hari, guru selalu mengatur situasi ruangan, serta melakukan ice breaking sebelum media audio diputar; dan (3) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan kognitif anak usia dini melalui media audio di TK Muslimat NU 001 Ponorogo, yaitu anak belum terbiasa dengan pembiasaan media audio di sekolah melalui media audio.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Edi Irawan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 03:04 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 03:04 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8198 |
Actions (login required)
View Item |