Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Dalam Tema "Panas Dan Perubahannya" Bsgi Siswa Kelas V Mi Ma'arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo Tahun 2018/2019

Sholihah, Afifatus (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Dalam Tema "Panas Dan Perubahannya" Bsgi Siswa Kelas V Mi Ma'arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo Tahun 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BAB I-III-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sholihah, Afifatus, 2019. Pengaruh Penggunaan Model Team Games Tournament Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Dalam Tema “Panas dan Perpindahannya” Bagi Kelas V MI Ma’arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019 Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ulum Fatmahanik, M. Pd.

Kata kunci: Team Games Tournament, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan metode mengajar dengan kontrol. Untuk mengurangi masalah tersebut perludi terapkan model pembelan yang melibatkan siswa secara aktif dengan menimbulkan kemampuan bekerja sama yaitu model pembelajaran Team Games Tournament.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh penggaruh terhadap motivasi belajar dalam tema panas dan perubahannya di MI Ma’arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo(2) mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan terhadap hasil belajar dalam tema panas dan perubahannya di MI Ma’arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo. (3) mengetahuiada tidaknya pengaruh penggunaan model TGT terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kelas V di MI Ma’arif Patihan Wetan tahun ajaran 2018/2019.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jenis quasi eksperimen dengan desain Nonequivanlent kontrol groip design.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V di MI Ma’arif Patihan Wetan sebanyak 54 siswa, yaitu 27 siswa untuk kelas eksperimen dan 27 untuk kelas kontrol Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis, angket, dan dokumentasi, Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti dapat di simpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaan TGT terhadap Motivasi Belajar dalam siswa kelas V MI Ma’arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo. (2)Tidak Ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaan TGT terhadap Motivasi Belajar dalam siswa kelas V MI Ma’arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournamen (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar bagi siswa kelas V MI Ma’arf Patihan Wetan tahun ajaran. 2018/2019. Yang ditunjukkansignifikansi untukPillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root. Kelas memiliki signifikan yang lebih dari 0,05

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ULUM FATMAHANIK
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Oct 2019 02:14
Last Modified: 30 Oct 2019 02:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8141

Actions (login required)

View Item View Item