Erliyanti, Yeni Yunian (2019) Problematika Pembelajaran Baca Al-Qur'an Dengan Menggunakan Metode Ummi Di Kelas Iv Mi Ma'arif Singosaren Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI YENI APLOD.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Erliyanti, Yenny Yunian. 2019. Problematika Pembelajaran Baca Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Ummi Di Kelas IV MI Ma’arif Singosaren Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Wirawan Fadly, M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran baca al-Qur’an, Metode ummi
Pembelajaran membaca al-Qur’an ialah sebuah proses yang menciptakan perubahan-perubahan kemampuan melafalkan kata-kata atau abjad al-Qur’an yang diawali huruf alif sampai ya yang dilihatnya dengan mengerahkan beberapa tindakan melalui pengertian dan mengingat-ingat. Salah satu metode pembelajaran membaca al-Qur’an yang mana ummi sendiri bermakna ibu yang identik dengan penuh kesabaran, ketabahan dan kelembutan.
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui pembelajaran baca al-Qur’an dengan menggunakan metode ummi di kelas IV MI Ma’arif singosaren Ponorogo; 2) Untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi guru dalam pembelajaran baca al-Qur’an dengan menggunakan metode ummi di kelas IV MI Ma’arif Singosaren Ponorogo; 3) Untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran baca al-Qur’an dengan menggunakan metode ummi di kelas IV MI Ma’arif Singosaren Ponorogo; 4) Untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan pembelajaran baca al-Qur’an dengan menggunakan metode ummi di kelas IV MI Ma’arif Singosaren Ponorogo.
Saya melakukan penelitian di MI Ma’arif Singosaren Ponorogo, dengan menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik pengumpulan data yang saya gunakan dari Miles dan Huberman adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa 1) Dalam pembelajaran baca al-Qur’an dengan menggunakan metode ummi ada 7 tahapan yang harus dilalui antara lain: pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, keterampilan, evaluasi, dan penutup. 2) Kesulitan yang dihadapi guru dalam pembelajaran baca al-Qur’an dengan menggunakan metode ummi yaitu siswa belum mampu dengan bacaan tajwidnya, siswa ramai, guru sulit mengkondisikan ruangan. 3) Kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran baca al-Qur’an dengan menggunakan metode ummi yaitu siswa sering lupa dengan materi yang sudah diajarkan, siswa sulit dalam penekanan makhraj. 4) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan Pembelajaran baca al-Qur’an dengan menggunakan metode ummi yakni mengulang-ulang bacaan dan latihan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wirawan Fadly |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 28 Oct 2019 01:44 |
Last Modified: | 28 Oct 2019 01:44 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8116 |
Actions (login required)
View Item |