Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Perilaku Karyawan Pada Perusahaan Advertising (Studi Kasus Di CV. Jaya Star Nine Madiun)

Purnomo, Rudi (2018) Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Perilaku Karyawan Pada Perusahaan Advertising (Studi Kasus Di CV. Jaya Star Nine Madiun). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
3. Rudi Purnomo.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Purnomo, Rudi. Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Perilaku Karyawan Pada Perusahaan Advertising (Studi Kasus Di CV. Jaya Star Nine Madiun). Tesis, Program Studi Ekonomi Syariah, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Nur Kolis Ph.D.
Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Perilaku Karyawan, Implementasi Kebijakan.
Etika bisnis Islam merupakan sebuah sistem manajemen yang diterapkan untuk mengatur perilaku karyawan dalam sebuah perusahaan. Secara teori, kebijakan etika bisnis Islam perusahaan harus di-implementasikan oleh seluruh manajemen perusahaan. Namun kenyataannya, kebijakan etika bisnis Islam CV. Jaya Star Nine belum diterapkan secara maksimal oleh karyawan, dan bahkan ada karyawan yang melakukan tindakan kecurangan (fraud). Hal ini dijelaskan oleh konsumen dari CV. Jaya Star Nine Madiun yang telah menjadi konsumen tetap perusahaan. Sehingga tindakan kecurangan tersebut menjadikan problematika etis di dalam sebuah perusahaan advertising CV. Jaya Star Nine Madiun.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang pandangan karyawan terhadap kebijakan perusahaan yang diterapkan untuk seluruh karyawan, (2) peran lingkungan dalam memberikan kesempatan kepada karyawan untuk melakukan tindakan kecurangan yang dilakukan di dalam sebuah perusahaan.
Dari permasalahan itulah, peneliti melakukan penelitian lapangan menggunakan metode pendekatan
iii
kualitatif, dengan analisisnya bersifat induktif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari informan awal, selanjutnya data-data yang diperoleh dari informan awal diklarifikasi kembali di lapangan dan dipertegas dengan berbagai sumber literatur yang ada. Kemudian data-data tersebut dikelompokkan dan dimaknai dalam kategori yang telah disusun dalam kerangka teoritik dan disajikan ke dalam bentuk teks naratif.
Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data, penelitian ini menghasilkan dua temuan data. Pertama, pandangan karyawan CV. Jaya Star Nine Madiun pada dasarnya setuju dengan kebijakan etika bisnis Islam perusahaan yang dituangkan ke dalam bentuk budaya organisasi perusahaan, namun hal yang disayangkan adalah metode pengambilan kebijakan tersebut berdasarkan teori implementasi kebijakan dengan pendekatan top-down. Kedua, peran lingkungan sangat berpengaruh terhadap tindakan kecurangan (fraud) yang terjadi di perusahaan. Faktor lingkungan mampu merubah karakter dan kepribadian karyawan, terutama dari faktor kebutuhan yang dihasilkan dari dorongan diri pribadi maupun tekanan kebutuhan keluarga.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Nur Kholis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 18 Oct 2019 02:41
Last Modified: 18 Oct 2019 02:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8099

Actions (login required)

View Item View Item