Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere)terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Surya Swalayan Bungkal Ponorogo

Prasetiyo W, Ernis (2019) Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere)terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Surya Swalayan Bungkal Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ERNIS PW.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ernis Prasetiyo Wati, NIM: 210715084, 2019. Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Surya Swalayan Bungkal Ponorogo. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Unun Roudlotul Janah, M.Ag.
Kata Kunci: Eksterior, General Interior, Store Layout, Interior Display
Store atmosphere adalah suatu desain lingkungan melalui komunikasi visual, pencahayaan, warna, musik, dan wangi-wangian untuk merangsang respons emosional dan persepsi pelanggan dan untuk mempengaruhi pelanggan dalam membeli barang. Store atmosphere (suasana toko) adalah kombinasi karakteristik fisik toko seperti eksterior, store layout (tata ruang), interior, pewarnaan, pencahayaan, suhu udara, suara dan aroma, dan lain-lain dimana semua itu bekerja bersama-sama untuk menciptakan citra perusahaan dan pada akhirnya dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Suasana toko terdiri dari 4 elemen yaitu eksterior, general interior, store layout dan interior display. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh suasana toko (store atmosphere) terhadap keputusan pembelian di Surya Swalayan Bungkal Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan pada konsumen Surya Swalayan Bungkal, menggunakan data kuisioner dengan jumlah responden sebanyak 96 oresponden. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Metode analisis statistic yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji regresilinier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa suasana toko (store atmosphere) yang terdiri dari eksterior, general interior, store layout dan interior display secara simultan/serempak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di Surya Swalayan Bungkal Ponorogo. Secara parsial general interior dan interior display juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Surya Swalayan Bungkal, namun secara parsial eksterior dan store layout tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Surya Swalayan Bungkal Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Sep 2019 08:37
Last Modified: 17 Sep 2019 08:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8026

Actions (login required)

View Item View Item