(UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH ) peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-qur'an kelas X (studi kasus SMAN 1 TEGALOMBO PACITAN)

Sutra, Rani Kurnia (2019) (UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH ) peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-qur'an kelas X (studi kasus SMAN 1 TEGALOMBO PACITAN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi rani.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rani kurnia sutra. 2019. Peran Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Quran Siswa Kelas X SMAN 1 Tegalombo, Pacitan. Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.Pembimbing Dr. ju’ subaidi, M.Ag
Kata Kunci:kesulitan Belajar dan Membaca Al-Quran
Kesulitan belajar dalam membaca Al-Quran masih ditemui antara lain tidak semua siswa lancar dalam membaca serta menulis ayat Al-Quran, masih ditemukan siswa yang masih sulit dalam membaca huruf hijaiyah, ada yang masih belum paham dengan ilmu tajwid serta makhorijul hurufnya. Maka dari diperlukan upaya yang tepat dalam mengatasi masalah tersebut sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian berkaitan dengan Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Quran siswa Kelas X SMAN 1 Tegalombo, Pacitan Dengan tujuan sebagai berikut: (1)Untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas X SMAN 1 Tegalombo, Pacitan.(2)Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas X SMAN 1 Tegalombo, Pacitan.(3)Untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. jumlah siswa yang di wawancarai sebanyak 33 siswa , sesuai data yang telah diperoleh sebanyak 22 siswa lancar membaca Al-Quran’an dan 11 siswa kurang lancar membaca alQuran. Untuk menggali data penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara , observasi dan dokumentasi sedangkan untuk menganalisisnya dilakukan secara interaktif dengan tahapan reduksi data (reduction), penyajian data (dispaly), dan kesimpulan (conclusion).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kesulitan belajar yang dialami siswa antara lain: masih ada siswa yang belum hafal sama sekali huruf hijaiyah, ada yang bacannya tidak sesuai dengan kaidah tajwid dan makhorijul huruf 2) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar membaca Al-Quran antara lain: kurangnnya motivasi kurangnya siswa dalam memahami ilmu tajwid, makorijul huruf serta panjang pendek, dari lingkungan keluarga yaitu pentingnya motivasi dari orang tua, dari lingkungan masyarakat yang tidak mendukung anak untuk belajar membaca Al-Quran, Waktu pembelajaran yang kurang, belum maksimalnya peranan sekolah dalam memfasilitasi siswa untuk belajar membaca Al-Quran, dan evaluasi yang kurang serta tidak berjalannnya pembiasaan membaca Al-Quran di dalam kelas 3) Langkah diberikan dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Quran diatarannya: memberi motivasi memebrikan dorongan agar semangat dalam belajar membaca Al-Quran tidak usah malu walaupun belajar dari awal, tidak usah malu walaupun belum hafal huruf hijaiyah. Dalam belajar AL-Quran tidak dituntut untuk cepat selesai tetapi melalaui proses pembelajaran. Dalam menuntut ilmu harus dijalani dengan sabar”. menggunakan metode yang tepat, menciptakan suasana yang menyenangkan, melakukan mooving class, menggaplikasikan metode menyanyi, melakukan kompetisi, dan melakukan pembiasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Sep 2019 06:21
Last Modified: 13 Sep 2019 06:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7922

Actions (login required)

View Item View Item