pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah menabung di bank bri syariah kcp ponorogo

Septiani, Rekyan (2019) pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah menabung di bank bri syariah kcp ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
upload reki.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Septiani, Rekyan, 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menabung Di Bank BRI Syariah KCP Ponorogo. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Yulia Anggraini S.A.B., M.M.
Kata Kunci : Atribut, Jasa dan Kesenangan.
Kepuasan nasabah adalah perasaan nasabah, baik berupa kesenangan maupun ketidakpuasan yang timbul setelah membandingkan sebuah produk dan pelayanan dengan harapan nasabah. Kepuasan nasabah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kualitas produk dan kualitas pelayanan. Pada Bank BRI Syariah KCP Ponorogo produk tabungan dan pelayanannya sudah dapat dikategorikan berkualitas baik. Namun hal ini belum mampu memberikan kepuasan bagi nasabah. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil wawancara dengan nasabah terkait dengan kualitas produk yang menjelaskan bahwa produk tabungan faedah fasilitasnya paling lengkap sehingga produk tersebut paling diminati dan pelayanan yang diberikan kurang cepat serta fasilitasnya kurang lengkap.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Analisis datanya adalah regresi linear berganda. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket atau kuesioner. Sedangkan pengolahan datanya menggunakan program aplikasi IBM SPSS 21.Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampling purposive dengan jumlah responden 99 nasabah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah menabung di bank BRI Syariah KCP Ponorogo. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig untuk variabel kualitas produk sebesar 0,000 < 0,05. (2) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah menabung di bank BRI Syariah KCP Ponorogo. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig untuk variabel kualitas pelayanan sebesar 0,000 < 0,05. (3) Kualitas produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama dan signifikan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah menabung di bank BRI Syariah KCP Ponorogo. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F yang memperoleh nilai sig sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:08
Last Modified: 11 Sep 2019 01:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7762

Actions (login required)

View Item View Item