Penerapan Metode Active Learning Tipe Reading Guide Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Terpadu Ainul Ulum Pulung Ponorogo

Winata, Yuwan Andri (2019) Penerapan Metode Active Learning Tipe Reading Guide Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Terpadu Ainul Ulum Pulung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Yuwan Andri Winata...pdf

Download (862kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Winata, Yuwan Andri. 2098. Penerapan metode active learning tipe reading guide dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMP Terpadu ‘Ainul ‘Ulum Pulung Ponorogo..Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri) Ponorogo. Pembimbing Kharisul Wathoni, M. Pd. I
Kata Kunci: Meningkatkan Prestasi, Penerapan active learning tipe reading guide pada pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Proses pembelajaran dalam kelas menuntut guru mampu menggunakan berbagai metode pembelajaran, salah satunya ialah active learning. Dengan active learning maka proses pembelajaran akan lebih interaktif dan menarik sehingga diharapkan pembelajaran tersebut benar-benar mampu terserap dan mampu meningkatkan hasil prestasi siswa. Penggunaan active learning dalam penelitian ini sekaligus sebagai perbaikan metode pembelajaran yang masih dirasa monoton dan siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Sehingga perlu diadakan perubahan metode belajar guna meningkatkan efektifitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan metode active learning tipe reading guide. (2) Untuk mengetahui penerapan metode Active Learning tipe Reading guide, dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran PAI, siswa kelas VII di SMPT Ainul Ulum..
Untuk itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas di SMP Terpadu Ainul Ulum Pulung Ponorogo. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu siklus satu dan siklus dua.
Dari penelitian diatas ditemukan bahwa (1) Rendahnya nilai intake siswa karena mayoritas siswa kelas VII berlatar belakang pendidikan SD dan hanya sedikit sekali lulusan Madrasah Ibtidaiyyah. Sedangkan dosis materi PAI di tingkat SMP Terpadu cukup tinggi dan dapat dikonsumsi bagi siswa yang telah mengetahui dasar-dasar PAI. (2) Proses pembelajaran yang digunakan di SMPT Ainul Ulum adalah pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher oriented). Siswa masih belum aktif dalam kegiatan pembelajaran karena selama pembelajaran guru banyak memberikan ceramah tentang materi PAI. Sehingga aktivitas yang dilakukan siswa biasanya hanya mendengar dan mencatat, siswa jarang bertanya atau mengemukakan pendapat. Diskusi antar kelompok jarang dilakukan sehingga interaksi dan komunikasi antara siswa dengan siswa lainnya maupun dengan guru masih belum terjalin selama proses pembelajaran.(3) Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi PAI yang memang bahasanya cukup luas. Ditambah lagi dengan siswa yang memang masih malas membaca buku pelajaran PAI. Sementara itu proses belajar mengajar pada pelajaran PAI, guru lebih sering menjelaskan materi melalui ceramah, siswa cenderung pasif, dan aktivitas siswa yang sering dilakukan hanya mencatat dan menyalin. Pembelajaran yang monoton dan pemanfaatan media pembelajaran yang minim menciptakan pembelajaran yang membosankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Sep 2019 06:34
Last Modified: 10 Sep 2019 06:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7730

Actions (login required)

View Item View Item