Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah dalam pelayanan di Bank Muamalat KCP Ponorogo

Yuliawati, Ani Priyana (2019) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah dalam pelayanan di Bank Muamalat KCP Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Ani Priyana Yuliawati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yuliawati, Ani Priyana, 2019. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Kepuasan Nasabah Dalam Pelayanan di Bank Muamalat KCP Ponorogo.
Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Program Sarjana S-1. Pembimbing Ika
Susilawati, MM.
Kata Kunci: Tangible, Reliability, Responsiviness, Assurance, Emphaty
Di era modern seperti saat ini, perkembangan perbankan syariah dapat dikatakan
semakin meningkat dengan banyaknya kantor perbakan syariah yang berdiri,
menjadikan masyarakat akan dihadapkan pada banyak pilihan terhadap pelayanan
yang ditawarkan oleh bank syariah. Pelayanan yang berkualits tinggi sangatlah
dipentingkan bagi nasabah. Karena kualitas pelayanan adalah bagian terpenting
bagi produk-produk bank dan pelayanan bank juga sangat mudah diterapkan.
Dengan demikian persaingan akan selalu dipengaruhi oleh kemampuan bank
dalam memberikan pelayanan terbaik dibandingkan pesaingnya. Kualitas layanan
menjadi salah satu kunci dalam keberhasilan bisnis. Apabila nasabah diberikan
layanan yang baik maka nasabah akan merasa puas dalam pelayanan yang mereka
berikan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi kepuasan nasabah dalam pelayanan di Bank Muamalat KCP
Ponorogo, Faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah dalam
pelayanan di Bank Muamalat KCP Ponorogo. Adapun penelitian yang digunakan
penulis ialah penelitian kuantitatif. Populasi berjumlah 5.089, yang dijadikan
sampel berjumlah 100. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner
(angket), sedangkan analisis data untuk rumusan masalah menggunakan analisis
faktor.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa:
Terdapat dua faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah dalam pelayanan di
Bank Muamalat KCP Ponorogo yaitu faktor pertama faktor kepercayaan dan
fasilitas, sedangkan faktor kedua faktor daya tanggap dan jaminan. Faktor
pertama terdiri dari keteguhan pada janji, kesopanan, fasilitas fisik, kemampuan
karyawan dalam memberikan layanan, kemampuan untuk memenuhi janji layanan
yang sudah disampaikan kepada nasabah, materi komunikasi, pengetahuan,
menunjukkan pada kemauan dari penyedia layanan untuk membantu nasabah dan
personil (pegawai) sedangkan faktor kedua terdiri dari ketepatan, bank dan
karyawannya memberikan perhatian secara personal kepada nasabah,
menjelaskan tentang produk yang membuat nasabah percaya kepada bank,
menunjukkan kepedulian secara personal kepada nasabah dan menyediakan
layanan secepat mungkin. Adapun faktor yang paling dominan mempengaruhi
kepuasan nasabah dalam pelayanan di Bank Muamalat KCP Ponorogo yaitu
faktor kepercayaan dan fasilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Sep 2019 04:34
Last Modified: 10 Sep 2019 04:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7717

Actions (login required)

View Item View Item