Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Kepercayaan Diri Anak dalam Film Finding Nemo serta Relevansinya dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Maulida, Salma (2019) Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Kepercayaan Diri Anak dalam Film Finding Nemo serta Relevansinya dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
FILE PDF-converted.pdf

Download (885kB) | Preview

Abstract

Maulida, Salma. 2019. Pola Asuh Orang Tua dan Tingkat Kepercayaan Diri Anak dalam Film “Finding Nemo”. Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing H. Mukhlison Effendi, M. Ag.
Kata Kunci: Pola Asuh, Kepercayaan Diri, Film Finding Nemo, Pendidikan Anak Usia Dini
Pola asuh orang tua ialah cara atau model orang tua dalam mendidik, mengasuh dan merawat anaknya. Orang tua merupakan pendidikan yang utama dan pertama bagi anak. Dari pola asuh orang tua yang diterapkan akan menentukan sikap dan pribadi anak. Kepercayaan diri anak adalah salah satu aspek yang terbentuk dari pola asuh orang tua. Kepercayaan diri ialah keyakinan tentang kemampuan, kekuatan dan ketrampilan dalam menghadapi sesuatu. Pola asuh dan kepercayaan diri anak sangatlah berkaitan serta sangat mendukung keberhasilan dalam pendidikan anak usia dini. Seperti dalam film Finding Nemo yang menampilkan tentang pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anaknya dan bagaimana efeknya pada tingkat kepercayaan diri anak.
Tujuan dari penelitian ini ialahuntuk mengetahui Pola asuh yang diterapkanMarlin kepada Nemo, bagaimana kepercayaan diri Nemodan relevansi pola asuh orang tua dan tingkat kepercayaan diri anak terhadap pendidikan anak usia dini.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif-analitis, yakni peneliti menggambarkan semua data atau keadaan subyek atau obyek penelitian kemudian dianalisis dengan cara memaparkan segala aspek yang terkandung pada film dalam bentuk dialog, lalu menganalisis kejadian adegannya dan memberikan kesimpulan.Sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang dilakukan di ruang perpustakaan untuk menghimpun dan menganalisis data yang bersumber dari perpustakaan, baik berupa buku-buku, periodikal-periodikal, seperti majalah-majalah ilmiah yang diterbitkan secara berkala, dokumen-dokumen, dan materi perpustakaan lainnya, yang dapat dijadikan sumber rujukan untuk menyusun suatu laporan ilmiah.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, ditemukan bahwa dalam film Finding Nemo pada bagian awal film pola asuh yang diterapkan Marlin ialah pola asuh otoriter dan pada bagian akhir menerapkan pola asuh otoritatif. Sedangkan tingkat kepercayaan diri anak pada awal film sangatlah rendah dan menjadi lebih baik ketika memasuki tengah film ke akhir.Relevansi pola asuh orang tua dalam film Finding Nemo dengan pendidikan anak usia dini terletak pada pola asuh otoritatif yang diterapkan Marlin dalam bagian akhir film, dan relevansi tingkat kepercayaan diri anak dalam film Finding Nemo dengan pendidikan anak usia dini ialah kepercayaan diri Nemo yang mulai tumbuh dengan baik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Sep 2019 06:34
Last Modified: 10 Sep 2019 06:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7708

Actions (login required)

View Item View Item