Pengembangan Bakat dan Kemandirian Siswa Difabel di Panti Asuhan Tunanetra Aisyiah Terpadu Ponorogo

Alifah, Suci Nur (2019) Pengembangan Bakat dan Kemandirian Siswa Difabel di Panti Asuhan Tunanetra Aisyiah Terpadu Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210315051 SUCI NUR ALIFAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Alifah, Suci Nur. 2019. Metode Pengembangan Bakat dan
Kemandirian Siswa Difabel Netra di Panti Asuhan
Aisyiah Terpadu Ponorogo. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan
ilmu keguruan Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo, Pembimbing, Ika Rusdiana, MA.
Kata Kunci: Metode Pengembangan Bakat dan
Kemandirian, Difabel Netra
Perkembangan bakat dan kemandirian anak-anak
difabel berbeda dengan perkembangan anak-anak normal
pada umumnya, misalnya pada umumnya anak-anak yang
berusia 10 tahun mampu melakukan aktifitas-aktifitas rutin
secara mandiri tanpa bantuan orang lain dan bakatnya mulai
terealisasikan, tapi berbeda dengan anak difabel
sebagimana yang ada di Panti Asuhan Tuna Netra
„Aisyiyah Ponorogo yang masih baru belajar dan masih
butuh bantuan dari orang lain. pada awalnya, semua siswa
difabel yang terdaftar di panti asuhan memiliki kemandirian
yang masih rendah dan bakat yang belum berkembang.
Akan tetapi, dapat dilihat setelah mereka belajar dan tinggal
di panti Asuhan terdapat perkembangan yang signifikan
dalam hal bakat dan kemandirian.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka
tujuan penelitian ini adalah; (1) untuk mendeskripsikan
perkembangan bakat dan kemandirian siswa difabel di Panti
Asuhan Tunanetra „Aisyiyah Ponorogo; (2) untuk
mendeskripsikan strategi panti dalam mengembangkan
bakat dan kemandirian siswa difabel di Panti Asuhan Tunanetra Aisyiyah Ponorogo.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis data berupa analisis
tekstual dari hasil transkip atau catatan lapangan yang tidak
terstruktur.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa
perkembangan bakat dan kemandirian siswa difabel di panti
asuhan Aisyiyah Terpadu Ponorogo masih jauh dari
perkembangan ideal. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan
fisik yang meliputi pola gerak, kemampuan mengenal
anggota tubuh, kemampuan mengenal diri sendiri serta
eksploasi bakat dan minat. Setelah diterapkan strategi
pengembangan bakat dan kemandirian yang berupa
pembentuukan perilaku dengan pola-pola pembiasaan dalam
aktivitas sehari-hari, maka ditemukan adanya peningkatan
dalam perkembangan bakat dan kemandirian siswa difabel
yang diindikasikan dengan aspek-aspek sebagai berikut; (1)
adanya keinginan untuk menjadi lebih baik; (2)
kemampuam dalam mengambil keputusan dan inisiatif; (3)
memiliki kepercayaan diri yang tinggi, dan (2) bertanggung
jawab atas apa yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Sep 2019 04:48
Last Modified: 10 Sep 2019 04:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7698

Actions (login required)

View Item View Item