peningkatan loyalitas nasabah melalui peningkatan kualitas pelayanan dengan religiusitas sebagai variabel moderator di bri syariah kc madiun

Wardana, Chandra Kencana Kusuma (2019) peningkatan loyalitas nasabah melalui peningkatan kualitas pelayanan dengan religiusitas sebagai variabel moderator di bri syariah kc madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI CHANDRA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wardana, Chandra Kencana Kusuma. 2019. “Peningkatan Loyalitas Nasabah Melalui Peningkatan Kualitas Pelayanan Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderator Di BRI Syariah KC Madiun.” Skripsi, jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Ika Susilawati, MM.

Kata Kunci : Harapan, Tingkat Keimanan, Kepercayaan dan Kesetiaan Pelanggan

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan nasabah yang terjadi di BRI Syariah pada setiap tahunnya. Peningkatan tersebut berdasarkan tingkat kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan dan juga tingkat keimanan atau religiusitas seseorang nasabah. Kaitan religiusitas dengan bank syariah karena bank syariah tidak lepas dari ketentuan-ketentuan agama atau syariat islam, baik dari pengelolaan dan transaksinya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah BRI Syariah Madiun. 2) Apakah religiusitas berpengaruh terhadap loyalitas nasabah BRI Syariah Madiun. 3) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan religiusitas sebagai variabel moderator BRI Syariah Madiun.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan asosiatif dengan penelitian kuantitatif. Menggunakan tiga jenis variabel yaitu kualitas pelayanan sebagai variabel independen, religiusitas sebagai variabel moderator dan loyalitas nasabah sebagai variabel dependen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 99 responden dengan pupolasi sebesar 12.000 nasabah. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dan wawancara. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana dan uji analisis regresi moderasi atau MRA dengan bantuan software IBM SPSS statistics 21.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa secara uji individual (uji t) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan religiusitas tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan religiusitas sebagai variabel moderator. Berdasarkan uji secara simultan (uji F) menghasilkan bahwa kualitas pelayanan dan religiusitas secara bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: IKA SUSILAWATI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:22
Last Modified: 10 Sep 2019 02:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7618

Actions (login required)

View Item View Item