pengaruh komunikasi verbal dan nonverbal guru terhadap motiasi belajar siswa kelas ix mts ar-roman tegalreo

Dwi Aminah, Rosi (2019) pengaruh komunikasi verbal dan nonverbal guru terhadap motiasi belajar siswa kelas ix mts ar-roman tegalreo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
rosi - 211015038.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rosi Dwi Aminah.2019. Pengaruh Komunikasi Verbal dan Nonverbal Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX di MTs Ar-Rohman Tegalrejo.skripsi. Komunikasi Penyiaran Islam, Ushuluddin Adab dan Dakwah. Dr. Muh Tasrif, M.Ag
Skripsi ini membahas tentang pengaruh komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal guru terhadap motivasi belajar siswa kelas IX di MTs Ar-Rohman Tegalrejo. Penelitian ini di latar belakangi oleh suatu komunikasi verbal dan nonverbal yang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar yang kemungkinan dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Semua orang berinteraksi menggunakan komunikasi, baik itu komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal. Begitu juga dalam proses belajar mengajar seorang guru berinteraksi dengan siswa menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal. Efektif dan tidaknya komunikasi tersebut dipengaruhi oleh faktor guru itu sendiri. Komunikasi akan menjadi efektif jika ada feedback dari komunikator. Di dalam kelas guru berperan penting dalam memotivasi siswanya. Guru memberi motivasi dengan berkomunikasi aktif dengan siswa. Ketika berinteraksi secara tidak langsung orang akan menggunakan komunikasi verbal maupun nonverbal. Karena keduanya ini saling bersangkutan. Lancar dan tidaknya suatu komunikasi membawa akibat terhadap pesan yang disampaikan. Untuk mencapai interaksi belajar mengajar perlu adanya komunikasi yang jelas antara guru (komunikator) dengan siswa (komunikan).
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Adakah pengaruh komunikasi verbal guru terhadap motivasi belajar siswa kelas 9 mts ar rohman tegalrejo. Serta adakah pengaruh komunikasi nonverbal guru terhadap motivasi belajar kelas IX di MTs Ar-Rohman Tegalrejo.
Penelitian ini menggunakan menggunakan metode kuantitatif dengan Teknik statistic yang di gunakan adalah analisis regresi ganda dua prediktor yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal guru terhadap motivasi belajar kelas IX di MTs Ar-Rohman Tegalrejo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Metode angket digunakan untuk mengetahui tingkat komunikasi verbal dan nonverbal antara guru dengan siswa dan motivasi belajar siswa.
Kesimpulan akhir pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh komunikasi verbal dan nonverbal guru terhadap motivasi belajar siswa kelas IX di MTs Ar-Rohman Tegalrejo. Dan berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa komunikasi dalam bidang oendidikan itu sangat penting dan berpengaruh baik terhadap motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Sep 2019 07:56
Last Modified: 09 Sep 2019 07:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7581

Actions (login required)

View Item View Item