relevansi nilai pembiasaan membaca al qur'an dengan perilaku siswa (studi kasus di sman 2 ponorogo)

Kurniawan, Dani (2019) relevansi nilai pembiasaan membaca al qur'an dengan perilaku siswa (studi kasus di sman 2 ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Dani Kurniawan.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dani Kurniawan, 2019. Relevansi Nilai-Nilai Pembiasaan Membaca Al Qur’an dengan Perilaku Siswa (Studi Kasus di SMAN 2 Ponorogo) Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Ahmadi, M. Ag.
Kata Kunci: Nilai Pembiasaan, Membaca Al Qur’an, Perilaku Siswa.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peraturan Menteri Pendidikan Nasional no 22 tahun 2013 yakni Gerakan Literasi Sekolah. Selanjutnya permendiknas menghimbau kepada sekolah-sekolah yang sudah mampu untuk menjalankan program tersebut. Salah satu sekolah yang menjalankan Gerakan Literasi Sekolah adalah SMAN 2 Ponorogo. Seperti yang di uangkapkan oleh kepala sekolah SMAN 2 Ponorogo bahwa Gerakan Literasi di sekolah ini ada dua bagian yaitu Literasi umum dan Literasi Agama. Sedangkan tujuan diadakannya literasi di SMAN 2 Ponorogo adalah untuk menumbuhkan nilai-nilai khusus yang nantinya menjadi bibit sikap baik siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Macam-macam nilai yang bisa diambil dari pembiasaan membaca Al Qur’an di SMAN 2 Ponorogo, 2) Implementasi nilai-nilai pembiasaan membaca Al Qur’an di SMAN 2 Ponorogo, 3) Relevansi nilai-nilai pembiasaan membaca Al Qur’an di SMAN 2 Ponorogo terhadap perilaku siswa, 4) Hambatan dan dukungan adanya kegiatan pembiasaan membaca Al Qur’an di SMAN 2 Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif berjenis studi kasus dengan teknik mengumpulkan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data (data reducition), penyajian data (data display), dan kesimpulan (drawing conclusion).
Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwasanya 1) Nilai yang bisa diambil dari kegiatan pembiasaan membaca Al Qur’an adalah Nilai Istiqomah, Nilai Akhlaq dan Adab, Nilai Iman, dan Nilai Ketaatan, 2) Impementasi nilai-nilai pembiasaan membaca Al Qur’an di SMAN 2 Ponorogo sepenuhnya sudah berjalan lancar walaupun sebagian belum bisa menerapkan implementasi nilai-nilai kegiatan pembiasaan membaca Al Qur’an. Relevansi tersebut meliputi penerapan nilai-nilai pembiasaan membaca Al Qur’an kedalam keseharian siswa yang nantinya dapat dicontoh oleh masyarakat, 3) Kegiatan pembiasaan membaca Al Qur’an sangatlah relevan untuk mendorong siswa menjadi lebih baik dan mencegah siswa terhadap pergaulan yang kurang baik untuk kedepannya, 4) Hambatan dari kegiatan pembiasaan membaca Al Qur’an yaitu pengeras suara yang awalnya belum memadahi dan sudah terselesaikan dan dukungannya adalah semua pihak ikut serta dalam menjalankan kegiatan ini dengan penuh semangat, serta sekolah mewujudkan dukungan tersebut dengan memberikan properti berupa juz ‘amma setiap siswa tanpa dipungut biaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:30
Last Modified: 09 Sep 2019 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7513

Actions (login required)

View Item View Item