Sri, Wahyui (2015) Penerapan Strategi Poster Comment, Planted Questions, dan Silent Demontrations Pada Pembelajaran Scientific Aspek Nilai Agama Dan Moral ( PTK Di Kelas B TK DWP “Subulus Salam” Lengkong). Undergraduate (S1) thesis, STAIN Ponorogo.
Text
15PAI14 sri wahyuni.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
Abstract
Strategi pembelajaran merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam proses pembelajaran. Strategi yang monoton dan tidak bervariasi cenderung membuat peserta didik pasif dalam menerima pelajaran yang disampaikan.
Dengan memperhatikan bagaiman pembelajaran di kelompok B TK DWP “Subulus Salam” Lengkong agar kegiatan belajar peserta didik meningkat sebagai salah satu alternatifnya adalah pemilihan strategi pembelajaran aktif (active learning), yaitu strategi poster comment, planted questions dan silent demontrations.Dengan pendekatan scientific tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan yang terjadi terkait pada kemampuan mengamati, kemampuan menanya, kemampuan, eksplorasi, kemampuan asosiasi, dan kemampuan komunikasi setelah mengikuti pembelajaran pada materi wudhu.
Dalam mengungkap masalah di atas, peneliti dalam penelitian ini menggunakan strategi Penelitian Tindakan Kelas (poster comment, planted questions, dan silent demontrations) dengan setting di kelas B TK DWP “Subulus Salam” Lengkong mencakup 2 (dua) siklus. Dalam setiap siklusnya melalui daur PTK yang terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Dari hasil analisa data ditemukan bahwa strategi poster comment, planted questions, dan silent demontrations dapat meningkatkan kwalitas proses belajar peserta didik, yang dapat dilihat dari data hasil penelitian sebagai berikut: 1) kemampuan mengamati siklus I 63,15%, pada siklus II meningkat menjadi 89,47%, 2) kemampuan menanya siklus I 47,36%, pada siklus II meningkat menjadi 78,94%, 3) kemampuan eksplorasi siklus I sebesar 63,15%, pada siklus II meningkat menjadi 89,47%, 4) kemampuan asosiasi siklus I 57,89%, siklus II meningkat menjadi 84,21%, 5) kemampuan komunikasi siklus I 63,15%, pada siklus II meningkat menjadi 89,47%.
Berdasarkan hasil penelitisn tindakan kelas ini, disarankan agar seorang guru menggunakan strategi pembelajarn aktif (active learning) yang sesuai dengan materi. Supaya tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi ajar meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Retno Widyaningrum, S.Si, M.Pd. |
Subjects: | ?? 2X73 ?? |
Divisions: | ?? pro_pai ?? |
Depositing User: | m. dhofar |
Date Deposited: | 30 Jun 2015 04:00 |
Last Modified: | 30 Jun 2015 04:00 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/75 |
Actions (login required)
View Item |