Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Di BRI Syariah KCP Ponorogo

Sholikah, Ima Mar'atus (2019) Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Di BRI Syariah KCP Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ima (210815055).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ima, Mar’atus Sholikah. 2019. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Di BRI Syariah KCP Ponorogo. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah (PS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Yulia Anggraini, S.A.B., M.M.
Kata Kunci : Periklanan, Produk Fisik, Pembelian
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya persaingan antar lembaga keuangan syariah maupun konvensional baik produk sejenis atau tidak sejenis menjadi pentingnya bagi Bank BRI Syariah KCP Ponorogo dalam melaksanakan promosi dan pelayanan agar dapat mempengaruhi keputusan calon nasabah pada suatu produk sehingga dapat meningkatkan jumlah nasabah dan menarik masyarakat menggunakan produk tabungan di Bank BRI Syariah KCP Ponorogo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1)Apakah promosi berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan di BRI Syariah KCP Ponorogo? (2)Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan di BRI Syariah KCP Ponorogo?(3)Apakah promosi dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan di BRI Syariah KCP Ponorogo?
Adapun penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu, suatu penelitian bersifat objektif mencangkup pengumpulan dan analisis data kuantitatif serta menggunakan metode pengujian statistik. Pendekatan penelitian yang di gunakan adalah asosiatif kausal, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih yang bersifat sebab akibat. Populasi yang dalam penelitian ini sebanyak 10.035 orang nasabah penggunan produk tabungan di BRI Syariah KCP Ponorogo. Penelitian ini menggunakan teknik sampling accidental dengan 100 nasabah sebagai sampel. Metode analisis yang di gunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan variabel promosi berpengaruh signifikan dilihat pada nilai signifikansi 0,002 lebih kecil dari 0,05 dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dilihat pada nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Begitu pula variabel promosi dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dengan nilai Fhitung sebesar 77,478 > Ftabel sebesar 3,09 atau nilai sig 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:25
Last Modified: 09 Sep 2019 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7487

Actions (login required)

View Item View Item