Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Mawlid Al-D{iya> Al-La>mi Karya Al-Habib Umar Bin Muhammad Bin Salim Bin Hafidz dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Menurut Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018”

Primadiani, Laila Cita (2019) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Mawlid Al-D{iya> Al-La>mi Karya Al-Habib Umar Bin Muhammad Bin Salim Bin Hafidz dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Menurut Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018”. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi LAILA CITA PRIMADIANI - 210315091.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Primadiani, Laila Cita. 2019. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Mawlid Al-D{iya> Al-La>mi Karya Al-Habib Umar Bin Muhammad Bin Salim Bin Hafidz dan Relevansinya dengan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Kharisul Wathoni, M.Pd.I.

Kata Kunci: Nilai Pendidikan Akhlak, Al-D{iya> Al-La>mi, Karakter.
Pentingnya pendidikan akhlak pada masa sekarang harus ditekankan lagi, karena pada saat ini manusia dihadapkan pada permasalahan moral dan akhlak. Jika kondisi-kondisi ini terus menerus terjadi maka menjadi suatu kebiasaan selanjutnya akan menjadi karakter bangsa. Cara mencegah mengatasi berbagai hal yang terjadi pada era modern tidak cukup hanya dengan uang, ilmu pengetahuan dan teknologi, tapi harus dibarengi dengan penanganan bidang mental dan spiritual serta akhlak mulia. Oleh sebab itu dengan mempelajari, mengajarkan dan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam kitab Mawlid Al-D{iya> Al-La>mi, maka secara tidak langsung akan menemukan intisari pelajaran didalamnya yang relavan dengan pendidikan karakter.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab mawlid al-d{iya> al-la>mi karya al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz.(2) Untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab mawlid al-d{iya> al-la>mi dengan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian ini adalah kajian kepustakaan atau library research dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik literer atau dokumentasi. Analisa data yang dipakai adalah analisis isi (Content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab mawlid al-d{iya> al-la>mi terdiri dari: (1) Pendidikan akhlak terhadap Allah: memuji Allah dan mensyukuri nikmat serta karunia Allah Swt, mengharapkan dan berusaha memperoleh keridhoan Allah Swt, relevan dengan karakter religius. (2) Pendidikan Akhlak terhadap sesama manusia: (a) akhlak terhadap Rasulullah: mencintai dan memuliakan Rasulullah saw, mengucapkan shalawat dan salam relevan dengan karakter religius. (b) akhlak terhadap diri sendiri meliputi: sifat jujur relevan dengan karakter jujur, berbudi pekerti mulia (baik), sabar dan syukur relevan dengan karakter religius, menjaga kehormatan (iffah) dan amanah relevan dengan karakter tanggung jawab, semangat relevan dengan karakter semangat kebangsaan, keberanian relevan dengan karakter mandiri, tenang dan pemaaf relevan dengan karakter cinta damai, tidak ragu (optimis) relevan dengan karakter kerja keras, rendah diri/tawadhu relevan dengan toleransi. 3) akhlak terhadap masyarakat: lemah lembut dan kasih sayang relevan dengan karakter cinta damai, bersahabat relevan dengan karakter bersahabat/komunikatif, gemar membantu, ksatria (Futuwwah), dermawan dan suka memberi relevan dengan karakter peduli sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Sep 2019 02:14
Last Modified: 09 Sep 2019 02:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7469

Actions (login required)

View Item View Item