Pesan Moral Pada Iklan Di Televisi (Studi Analisis Semiotik Iklan L.A Lights Edisi Taklukan Tantanganmu)

Burhanudin, Dian Rufika (2019) Pesan Moral Pada Iklan Di Televisi (Studi Analisis Semiotik Iklan L.A Lights Edisi Taklukan Tantanganmu). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PESAN MORAL PADA IKLAN DI TELEVISI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Dian Rufika Burhanudin, 2019. Pesan Moral Pada Iklan Di televisi (Studi Analisis Semiotika Pada Iklan L.A Lights Edisi Taklukan Tantanganmu). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Isam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Iswahyudi, M. Ag.
Kata Kunci : Televisi, Iklan, Moral, Semiotika.
Di era globalisasi saat ini media massa telah menjadi faktor penentu kehidupan manusia. Salah satunya adalah televisi yang memiliki pengaruh yang sangat besar dibandingkan dengan media penyiaran yang lain. Televisi adalah sebagai alat promosi atau media periklanan yang paling populer di kalangan masyarakat saat ini. Setiap iklan memiliki pesan moral yang dikemas secara baik dan sekreatif mungkin sehingga produknya dapat dilihat, dimengerti, dan diminati oleh para konsumen. Di setiap iklan terdapat pesan-pesan yang dapat diterima secara langsung maupun secara bertahap oleh para komunikan. Salah satunya iklan yang ada produk rokok L.A Lights versi Taklukan Tantanganmu. Pada penelitian ini akan berfokus pada bagaimana nilai moral yang terkandung pada iklan L.A Lights versi Taklukan Tantanganmu dengan cara menganalisis menggunakan semiotika yang dikembangkan oleh Roland Barthes.
Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1)bagaimana makna dari bahasa pada iklan rokok L.A Lights edisi Taklukan Tantanganmu?. 2)bagaimana nilai moral yang terkandung pada iklan rokok L.A Lights edisi Taklukan Tantanganmu?.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode semiotika model Roland Barthes dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang nilai-nilai moral yang terkandung pada iklan rokok L.A Lights edisi Taklukan Tantanganmu dan makna yang terkandung pada iklan tersebut menggunakan analisis semiotika yang dikembangkan oleh Roland Barthes. Dalam teori Roland Barthes terdapat tiga hal untuk memahami suatu tanda yakni Konotasi, Denotasi, dan Mytologies.
Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan mengenai analisis makna yang terkandung dengan menggunakan metode analisis teori Roland Barthes dan pesan moral yang terkandung dalam iklan rokok L.A Lights edisi Taklukan Tantanganmu. Yaitu 1). Makna Denotasi yang ada pada iklan ini adalah karyawan sedang memperjuangkan harga diri dengan mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan kesabaran demi menemukan sebuah keberhasilan. Makna Konotasi pada iklan ini adalah di dalam setiap pekerjaan pasti memiliki persentasi resiko yang berbeda-beda, akan terasa mudah apabila memiliki tekad yang kuat dalam menjalaninya. Makna Mitos dalam iklan ini adalah untuk tetap memiliki semangat dalam menjalani kehidupan, walaupun menerima banyak permasalahan tidak akan menyurutkan semangat untuk tetap bekerja dan berkarya. 2) Nilai moral yang ada pada iklan adalah dalam menghadapi persoalan dalam kehidupan harus memiliki sifat kebijaksanaan, keberanian dan menjaga kesucian diri dalam menjalaninya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Sep 2019 01:56
Last Modified: 09 Sep 2019 01:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7439

Actions (login required)

View Item View Item