implementasi metode takrir dalam ektrakulikuler tahfidz di min 2 madiun

Anjani, Emilia Nur Fikkria (2019) implementasi metode takrir dalam ektrakulikuler tahfidz di min 2 madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210615042 EMILIA NUR FIKRIA ANJANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nur fikria Anjani, Emilia. 2019. Implementasi Metode Takrir Dalam Ektrakulikuler Tahfidz di MIN 2 Madiuntahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muh. Widda Djuhan, S.Ag. M.SI

Kata Kunci: Metode Takrir dalam Ektrakulikuler Tahfidz
Pembelajaran tahfidz merupakan suatu keutamaan yang besar untuk memelihara dan menjaga kemurnian al-Qur’an. Menghafal al-Qur’an dibutuhkan niat yang lurus, ikhlas, konsentrasi penuh, harus gigih, bersemangat tinggi, istiqomah dan disiplin. MIN 2 Madiun merupakan salah satu lembaga yang memiliki banyak kegiatan ektrakulikuler yang salah satunya adalah ektrakulikuler tahfidz, yang dimana ektrakulikuler tahfidz ini membantu anak untuk memiliki rasa kedisiplinan waktu. Metode yang diterapkan adalah metode takrir, penerapan metode takrir ini membantu siswa untuk mengontrol waktu untuk mengulang kembali hafalannya. Berdasarkan paparan diatas peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentang pelaksanaan ektrakulikuler tahfidz di MIN 2 Madiun dengan menggunakan metode takrir.
Tujuan penelitian, pertama, untuk mengetahui pelaksanaan ektrakulikuler tahfidz di MIN 2 Madiun. Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan metode takrir dalam ektrakulikuler tahfidz di MIN 2 Madiun. Ketiga, untuk mengetahui dampak penggunaan metode takrir terhadap kemampuan menghafal al-Qur’an siswa MIN 2 Madiun?
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kodifikasi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan vertifikasi.
Berdasarkan analisis data penelitian, maka hasil dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. (1) pelaksanaan ektrakulikuler tahfidz dengan menggunakan metode takrir di MIN 2 Madiun ini membantu anak untuk tetap menjaga hafalannya dengan selalu mengulang-ngulang hafalannya di sela-sela kegiatannya. (2) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Penggunaan Metode Takrir dalam Ektrakulikuler Tahfidz di MIN 2 Madiun adanya motivasi dan dorongan dari orang tua yang dapat membuat anak untuk bersemangat mentakrir dan menambah hafalan, dan penghambat metode takrir adalah kurang pahamnya dalam makhrijul hurufnya dan kurangnya motivasi dan dukungan dari orang tua (3) dampak penggunaan metode takrir terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa MIN 2 Madiun, dari anak yang terbiasa menghafal menjadikan keterbiasaan mereka menghafal dan lebih mudah menghafal di pelajaran lainnya, contohnya seperti menghafal kosa kata bahasa arab atau bahasa inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Sep 2019 02:47
Last Modified: 06 Sep 2019 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7405

Actions (login required)

View Item View Item