Arifin, Syamsul (2019) implementasi strategi pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, dan menarik (pailkem) melalui kegiatan kolase.(studi kasus pada siswa kelas iv e di sd ma’arif ponorogo mata pelajaran seni budaya dan prakarya). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
PERPUSTAKAAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Syamsul Arifin, 2019: Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menarik (PAILKEM) Melalui KegiatanKolase (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IV E di SD Ma’arif Ponorogo Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya) Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing H. Mukhlison Efendi, M,Ag.
Kata kunci :kegiatan Kolase, Pembelajaran, PAILKEM, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh : Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menarik (PAILKEM) Melalui Kegiatan Kolase (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IV E di SD Ma’arif Ponorogo Mata Pelajaran seni budaya dan prakarya). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ” bagaimana implementasi strategi pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, dan menarik ( PAILKEM) melalui kegiatan kolase (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IV E di SD Ma’arif Ponorogo Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya), dan apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi strategi pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, dan menarik (PAILKEM) Melalui Kegiatan Kolase (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IV E di SD Ma’arif Ponorogo Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya).
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui: Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menarik (PAILKEM) Melalui Kegiatan Kolase (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IV E di SD Ma’arif Ponorogo Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya).
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif.Jenis penelitian dalam penelitian ini berupa studi kasus pada pembelajaran seni budaya dan prakarya dengan kegiatan kolase di SD Ma’arif Ponorogo. Kemudian teknik analisis datapenulis menggunakan konsepMiles dan Hubermandengan langkah 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1)implementasi strategi pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, dan menarik (PAILKEM) melalui kegiatan kolase (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IV E di SD Ma’arif Ponorogo Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya) dilakukan dengan baik. Langakah-langkah: yang pertama guru memosisikan sebagai orang yang menciptakan suasana belajar yang kondusif atau sebagai fasilatator dalam belajar, sementara siswa sebagai peserta belajar yang harus aktif, kedua guru harus menerapkan strategi pembelajaran yang inovatif, ketiga guru harus menerapkan pembelajaran dengan menggunakan strategi lingkungan, keempat guru menerapkan pembelajaran yang kreatif, dan kelima guru harus menciptakan pembelajaran yangefektifi. 2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat yaitu dari kemampuan seorang guru dalam mengemas pembelajaran dan menggunakan strategi, media dan alat dan dari latar belakang peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mukhlison Effendi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 01:09 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 01:09 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7377 |
Actions (login required)
View Item |