upaya meningkatkan pemahaman materi tajwid melalui metode muḥafaẓah santri putri kelas i madrasah miftahul huda mayak tonatan ponorogo

Zainnuroh, Siti (2019) upaya meningkatkan pemahaman materi tajwid melalui metode muḥafaẓah santri putri kelas i madrasah miftahul huda mayak tonatan ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210315151 SITI ZAINNUROH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Zainnuroh, Siti. 2019. Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Tajwid Melalui Metode Muḥafaẓah Santri Putri Kelas I Madrasah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ika Rusdiana, M.A.

KataKunci: Daya Ingat, Tajwid, Metode Muḥafaẓah
Metode muḥafaẓah penting diterapkan dalam pembelajaran ilmu tajwidpada kitab Hidayatussibyaan. Dampaknya dalam menggunakan metode ini yaitu, supaya santri dapat memahami materi tajwid dengan mudah dan harapannya dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Permasalahan pada penelitian ini bahwasannya terdapat santri yang sulit dalam memahami materi tajwid pada bab mad. Karena pada bab mad banyak pembahasannya, maka dari itu mereka banyak yang menghafalkan materi, tapi tidak memahaminya. Penelitian ini merupakan upaya meningkatkan pemahaman pada materi tajwid melalui metode muḥafaẓah santri putri kelas I Madrasah Miftahul Huda.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pemahaman santri putri kelas I terhadap materi tajwid Madrasah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo, (2) Mengetahui implementasi metode dalam meningkatkan pemahaman materi tajwid santri putri kelas I Madrasah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo, dan (3) Mengetahui implikasi metode muḥafaẓah dalam meningkatkan pemahaman materi tajwid santri putri kelas 1 Madrasah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari pelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Pemahaman santri putri kelas I Madrasah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo pada materi tajwid yaitu dalam pemahamannya santri mampu membaca dan hafal naẓam pada kitab Hidayatussibyaan, menjelaskan materi dengan bahasanya sendiri dan diakhir pelajaran santri dapat memberikan contoh pada bab tajwid yang telah dipelajari dengan bantuan media Al-Qur’an, (2) Implementasi metode muḥafaẓah dalam meningkatkan pemahaman materi tajwid santri putri kelas I Madrasah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo yaitu (a) Santri sebelum kegiatan belajar melakukan muḥafaẓah dengan membaca naẓam secara berulang sampai hafal, (b) Santri memberi makna pada kitab Hidayatussibyaan, (c) Santri mendengarkan penjelasan ustazah terkait dengan materi mad sampai mereka memahaminya, (c) Ustazah memberikan contoh hukum bacaan mad, dan memberikan tugas kepada santri untuk memberikan contoh didalam Al-Qur’an, (3) Implikasi metode muḥafaẓah dalam meningkatkan pemahaman materi tajwid santri putri kelas I Madrasah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo yaitu, dengan melakukan muḥafaẓah santri putri kelas 1 dapat memahami materi tajwid pada bab mad, nilai ujian mereka diatas rata-rata, yaitu diatas 50 dan santri bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: IKA RUSDIANA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Aug 2019 03:53
Last Modified: 29 Aug 2019 03:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7311

Actions (login required)

View Item View Item