implementasi program pesantren kilat dalam mengembangkan kompetensi keagamaan (studi kasus kelas x di smk pgri 2 ponorogo)

Amalia, Laila (2019) implementasi program pesantren kilat dalam mengembangkan kompetensi keagamaan (studi kasus kelas x di smk pgri 2 ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Laila Amalia.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Laila Amalia. 2019. Implementasi Program Pesantren Kilat dalam Meningkatkan Kompetensi Keagamaan (Studi Kasus kelas X di SMK PGRI 2 Ponorogo). Skripsi. Program Studi Agama IslamDan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Kharisul Whatoni M.Pd.I
Kata Kunci: Program Pesantren Kilat, Kompetensi Keagamaan
Pendidikan dalam kehidupan manusia mempunyai peranan yang sangat penting. Seperti halnya di SMK PGRI 2 Ponorogo ditemukan bahwa sekolah tersebut mengadakan kegiatan keagamaan pesantren kilat yang dilaksanakan tepatnya di pondok pesantren Al-Ikhlas Babadan Ponorogo. Tujuan adalah untuk membentuk insan kamil atau manusia yang sempurna. Hal ini dilakukan supaya siswa dan siswi lebih mendalami pendidikan agama yang baik dan benar . Kurangnya pemahaman agama menjadi sebuah upaya besar dari sekolah SMK PGRI 2 Ponorogo melaksanakan Pesantren kilat .
Berangkat dari hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1).Apa latar belakang penelitian program pesantren kilat di SMK PGRI 2 Ponorogo? 2). Bagaimana implementasi kegiatan pesantren kilat di SMK PGRI 2 Ponorogo? 3) Apasaja faktor penghambat dan pendukung dari program pesantren kilat dalam pengembangan kompetensi keagamaan di SMK PGRI 2 Ponorogo?
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan 3 tahap yaitu: reduksi data, display, dan pengambilan kesimpulan.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1).yang melatar belakangi adanya pesantren kilat adalah: sebuah upaya membentuk karakter anak agar menjadi siswa yang sholeh-sholehah, adanya regulasi kewajiban bagi siswa untuk bisa membaca al-Quran dengan baik sebagai syarat pengambilan ijazah di sekolah ketika kelulusan, diharapkan siswa banyak mempelajari pembelajaran yang berbasis pondok pesantren atau lebih mempelajari ilmu agama. Sebagai bekal di dunia maupun di akirat nantinya. 2)Pelaksanaan pesantren kilat telah memberi nuansa religius yang berbeda dalam kehidupan peserta didik, walaupun sebagian besar diantara siswa masih dalam kategori rendah dalam memiliki kesadaran keagamaan yang tinggi, mereka masih kurang dalam memperhatikan masalah agama namun untuk kegiatan yang wajib seperti: Shalat berjamaah, menghafal surat-surat pendek, mengetahui tatacara wudhu, shalat, tayamum, mandi besar dan tatacara shalat dengan benar, serta mendalami bacaan al-Quran mereka yang kurang baik sudah mereka laksanakan sesuai dengan tujuan tercapainya kegiatan pesantren kilat tersebut. 3) faktor penghambat dan pendukung.Fator pendukung diantaranya: a)Kinerja pengurus yang baik.b)Adanya interaksi antara ustad dan santri, c) Komponen dari sekolah.d) Komponen dari orang tua siswa e) Dukungan positif Tokoh Masyarakat dan Warga setempat.Dan beberapa fatror penghambat: a) Ketidaksiapan siswa: b)Kedatangan orang tua.c) d) Kurangnya minat masyarakat pada

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Aug 2019 03:54
Last Modified: 29 Aug 2019 03:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7308

Actions (login required)

View Item View Item