Nijar, Moh. Fatkul (2019) Implikasi Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Siswa Di SMAN 1 Jetis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
210315220 MOH. FATKUL NIJAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Nijar, Moh Fatkul. 2019. Implikasi Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Siswa di SMAN 1 Jetis. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhamad Nurdin, M.Ag.
Kata Kunci: keteladanan Guru, Akhlak.
Perubahan perilaku yang dapat ditunjukan oleh peserta didik harus dipengaruhi oleh latar belakang keteladanan yang baik berupa perbuatan atau prilaku yang ditunjukan dari seorang guru karena setiap hari guru sama siswa di lingkungan sekolah selalu bertemu, maka dari itu keteladanan dari seorang guru itu penting. Hal yang terjadi di SMAN 1 Jetis sebagian guru tidak mencerminkan berprilaku yang disiplin terhadap siswa karena adanya sebagian guru yang melanggar ketentuan tata tertib guru yang berlaku di sekolah salah satunya yaitu sebagian guru terlambat datang di sekolah sebanyak berjumlah 10 pendidik selama dua pekan, hal tersebut menimbulkan tidak kedisplinan waktu. Selain itu juga sebanyak berjumlah 5 seorang guru yang tidak mengenakan pakaian harian guru dan 3 seorang guru berpakaian tidak rapi, hal ini melanggar ketentuan dalam berpakaian di sekolah. Mengingat guru itu sosok figur yang sangat berpengaruh dalam pembentukan dan pembinaan akhlak terhadap siswa, maka sangat diperlukan keteladanan yang baik dari seorang guru.
Adapun tujuan penelitian ini untuk; (1) mengetahui keteladanan kepribadian guru di SMAN 1 Jetis. (2) mengetahui keteladanan sosial guru di SMAN 1 Jetis. (3) mengetahui implikasi keteladanan guru terhadap akhlak siswa di SMAN 1 Jetis.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan Pengumpulan data menggunakan teknik mewawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) Keteladanan kepribadian guru berupa: berprilaku yang disiplin, inspirator, berakhlak mulia, berwibawa, berprilaku bijaksana dan religius. (2) Keteladanan sosial berupa: berkomunikasi yang secara efektif dengan siswa, sesama pendidik, dan orang tua siswa. (3) Implikasi keteladanan guru yang positif, berupa: siswa menjadi berprilaku sopan santun, berpakaian yang rapi dan berakhlak terpuji di sekolah. Implikasi keteladanan guru yang negatif, berupa: sebagian siswa cenderung berprilaku tidak sopan santun, berpakaian seronoh dan sebagian siswa tidak berakhlak terpuji di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Nurdin |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 04:44 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 04:44 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7304 |
Actions (login required)
View Item |