Peran Guru PAI dalam Mendidik Karakter Peduli Lingkungan Di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo

Wati, Dini Mustika (2019) Peran Guru PAI dalam Mendidik Karakter Peduli Lingkungan Di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Dini Mustika.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wati, Mustika Dini. 2019. Peran Guru PAI Dalam Mendidik Karakter Peduli Lingkungan di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo.Skripsi.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Syaiful Arif, M.Pd.I.
Kata Kunci:Guru PAI, Karakter, Peduli Lingkungan, Krakter Peduli Lingkungan.
Proses pendidikan merupakan sebuah proses yang dengan sengaja dilaksanakan semata-mata bertujuan untuk mencerdaskan. Guru PAI adalah tenaga pendidik yang mentransformasikan ilmu dan pengetahuannya kepada peserta didik dengan tujuan agar peserta didik berjiwa islami dan berperilaku berdasarkan nilai-nilai islam, guru perlu mengajarkan siswa pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah. Karakter adalah pendidikan sepanjang hayat, sebagai proses perkembangan kearah manusia kaffah. Salah satu pendidikan karakter yang perlu diajarkan dalam sebuah lembaga adalah pendidikan karakter peduli lingkungan. peduli lingkungan merupakan sikap dan perilaku berupaya untuk menjaga keindahan lingkungan dan mencegah dari kerusakan. Tujuan diterapkannya pendidikan karakter peduli lingkungan adalah agar siswa mempunyai kesadaran diri untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.
Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Siman. (2) Untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam mendidik karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Siman. (3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat peran guru PAI dalam mendidik karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Siman.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pendidikan karakter peduli lingkungan sudah diterapkan di SMP Negeri 1 Siman. Pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Siman dilaksanakan melalui program piket kelas, piket mingguan pada hari Sabtu bersih, piket khusus bagi para siswa yang melanggar dan piket OSIS. (2) Guru PAI di SMP Negeri 1 Siman sangat berperan dalam mendidik karakter peduli lingkungan pada siswa. Terdapat tiga peran yang dilakukan guru PAI yaitu sebagai pengajar (pendidik), sebagai pembimbing dan sebagai administrasi. (3) Keberhasilan pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Siman tak lepas dari berbagai hal, seperti kebijakan lembaga, dukungan dari seluruh guru dan komite sekolah serta fasilitas sekolah yang sangat memadai. Selain tak lepas dari hal-hal yang dapat menghambat, seperti faktor intern dari siswa dan penggunaan sampah plastik yang berlebihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Aug 2019 00:53
Last Modified: 30 Aug 2019 08:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7298

Actions (login required)

View Item View Item