"Gerakan Disiplin Sekolah" (Analisis Praktik Pendisiplinan Siswa di SMP Negeri 11 Madiun Dalam Perspektif Disiplin Tubuh dan Hukuman Michel Foucault)

'Aini, Deby Dillah Nur (2019) "Gerakan Disiplin Sekolah" (Analisis Praktik Pendisiplinan Siswa di SMP Negeri 11 Madiun Dalam Perspektif Disiplin Tubuh dan Hukuman Michel Foucault). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
apload.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

‘Aini, Deby Dillah Nur. 2019. Gerakan Disiplin Sekolah (GDS) (Analisis Genealogi Praktek Pendisiplinan Siswa di SMP Negeri 11 Madiun Dalam Perspektif Michel Foucault). Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Drs. H. Moch. Saichu, M.Si.
Kata Kunci: Gerakan Disiplin Sekolah (GDS), Genealogi, Michel Foucault
Karakter disiplin sangat penting diterapkan pada aktivitas sehari-hari. Penanaman karakter disiplin dimulai sejak dini dari keluarga, persekolahan, masyarakat hingga dunia kerja. Genealogi Michel Foucault menyebutkan ada tiga mekanisme disiplin sebagai upaya membentuk perilaku tubuh yang taat dan dapat dikendalikan. Pertama, melalui pengamatan (pengawasan) bertingkat; kedua, normalisasi penilaian; ketiga, ujian atau pemeriksaan. Ketiga mekanisme tersebut berkaitan dengan penghargaan atau hukuman yang diberikan kepada seseorang. Selanjutnya Foucault menghubungkan dengan pemberian hukuman yang bersifat lebih manusiawi terhadap terpidana. Hukuman ini bukan ditujukan untuk membalas dendam (baik untuk mencegah orang lain berbuat yang sama atau demi keadilan), melainkan bertujuan untuk memperbaiki diri perilaku terhukum dan fungsi rehabilitasi. Metode hukuman inilah yang disebut sebagai hukuman “disiplin” yang sesuai dengan masyarakat modern.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti bertujuan: (1) Untuk mengetahui penerapan praktik kedisiplinan melalui Gerakan Disiplin Sekolah (GDS) berdasarkan analisis genealogi merurut perspektif Michel Foucault. (2) Untuk mengetahui penerapan praktik hukuman melalui Gerakan Disiplin Sekolah (GDS) berdasarkan analisis genealogi menurut perspektif Michel Foucault.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah meliputidata reduction, data display, danconclusion drawing/verification.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Praktik kedisiplinan yang diterapkan di SMP Negeri 11 Madiun melalui program Gerakan Disiplin Sekolah (GDS) sebagai salah satu program kendali untuk membentuk karakter disiplin siswa. Melalui program ini, sesuai dengan pemikiran Michel Foucault yang menggunakan mekanisme pendisiplinan yakni pengawasan bertingkat untuk memantau aktivitas siswa selama berasa dalam area sekolah, normalisasi penilaian dengan Standart Operasional Sistem (SOP), dan ujian atau pemeriksaan yang menghasilkan penilaian dari masing-masing siswa. (2) Praktik hukuman yang diterapkan melalui program Gerakan Disiplin Sekolah (GDS) menunjukkan bahwa penerapan hukuman di SMP Negeri 11 Madiun telah menggunakan “disiplin” yang sesuai dengan masyarakat modern karena hukuman yang diberikan lebih manusiawi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moch. Saichu
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Aug 2019 01:43
Last Modified: 16 Dec 2019 01:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7276

Actions (login required)

View Item View Item