pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan nasabah di bri syariah cabang madiun

Widarti, Dian Ayu (2019) pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan nasabah di bri syariah cabang madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Other (Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah Di BRI Syariah Cabang Ponorogo)
SKRIPSI DIAN - Other

Download (703kB)

Abstract

ABSTRAK
Widarti, Dian Ayu. 2019 “Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah Di BRI Syariah Cabang Madiun”. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Agung Eko Purwana, SE, MSI
Kata kunci :Karakteristik, Pemasaran, Harapan
Kepuasan nasabah merupakan suatu perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk terhadap ekspetasi mereka. Kepuasan nasabah dipengaruhi oleh kualitas produk dan promosi. Kualitas produk merupakan totalitas fitur dan karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan, semakin tinggi tingkat kualitas produk atau jasa, semakin tinggi pula tingkat kepuasan nasabah yag dihasilkan. Promosi merupakan salah satu variabel yang sangat penting dalam memasarkan produk jasa semakin banyak promosi diharapkan memberikan dampak positif pada kepuasan konsumen. Banyak nasabah yang beranggapan bahwa memang produk yang ada di BRI Syariah ini berkualitas tapi belum memberikan rasa puas atau belum merasakan ada kelebihan di produk tersebut serta promosi yang di berikan menarik tapi tidak sesuai dengan produk dan nasabah merasakan hal tersebut setelah sudah menggunakan produk. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:1) Bagaimana kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di BRI Syariah Cabang Madiun, 2) Bagaimana promosi berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di BRI Syariah Cabang Madiun, 3) Bagaimana kulaitas produk dan promosi secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan nasabah di BRI Syariah Cabang Madiun.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif terdiri dari dua variabel yaitu variabel dependen dan variabel independen. Kualitas produk(X1),promosi (X2) sebagai variabel dependen ,dan kepuasan nasabah (Y) sebagai variabel independen. Teknik pengumpulan data menggunakan agket. Jumlah sampel yang digunakan 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah regeresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda.
Dari analisis data ditemukan: 1) variabel kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di Bank BRI Syariah cabang Madiun dengan signifikansi 0,011 < 0,05, variabel kualitas produk berpengaruh sebesar 6,5%, 2) variabel promosi berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di Bank BRI Syariah cabang Madiun dengan signifikansi 0,023< 0,05, variabel promosi berpengaruh sebesar 5,1% , 3) variabel kualitas produk dan promosi berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di Bank BRI Syariah cabang Madiun dengan F hitung6.981 dan Ftabel= 3.09, variabel kualitas produk dan promosi berpengaruh sebesar 12,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agung Eka Purwana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Aug 2019 00:56
Last Modified: 28 Aug 2019 00:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7275

Actions (login required)

View Item View Item