Penerapan Single Sex Education di Madrasah Aliyah Putri Ma'arif Ponorogo Tahun 2018/2019 (Suatu Tinjauan Psiklogi Perkembangan)

Sa'adah, Rafika (2019) Penerapan Single Sex Education di Madrasah Aliyah Putri Ma'arif Ponorogo Tahun 2018/2019 (Suatu Tinjauan Psiklogi Perkembangan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sa’adah, Rafika..2019, Penerapan Single Sex Education di Madrasah Aliyah Putri Ma’arif Ponorogo Tahun 2018-2019 (Suatu Tinjauan Psikologi Perkembangan). Sekripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Mukhibat, M. Ag.

Kata kunci: Penerapan Psikologi Single Sex Education
Dalam Islam, lembaga pendidikan/sekolah adalah sebagai media untuk merealisasikan pendidikan berdasarkan akidah dan syariat Islam demi terwujudnya penghambaan diri kepada Allah SWT, sehingga manusia akan terhindar dari penyimpangan-penyimpangan yang tidak dibenarkan agama. Single Sex Education (SSE), yaitu model sekolah yang pembelajarannya dilakukan secara terpisah antara laki-laki dan murid perempuan. Pemisahan ruwang belajarnya. Keduanya tetap dalam suatu yayasan. Sekolah dengan model segregasi seperti ini niscaya akan setiap murid hamper tidak bisa berkomunikasi dengan murid yang berlainan jenis adalah sekolah yang pemisahannya dilakukan secara menyeluruh baik kelas pembelajaran, struktur organisasi sekolah sampai pada tempat dan lingkupannya. Madrasah Aliyah Putri Ma’arif merupakan salah satu lembaga pendidikan formal.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan Penerapan Single Sex Education MA Putri Ma’atif, (2) Mendeskripsikan Faktor Pendukung Dan Penghambat Penerapan Single Sex Education MA Putri Ma’arif. Adapun metode yang digunakan peneliti adalah kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data penerapan single sex education, serta faktor pendukung dan penghambat single sex education dengan observasi dengan mengamati segala hal yang berkaitan dengan penelitian yang sedang dilakukan. wawancara tersetruktur peneliti akan lebih mudah dalam melakukan wawancara. Peneliti juga menggunakan wawancara tidak tersetruktur adalah peneliti menyusun rencana wawancara yang mantap tetapi tidak menggunakan format dan urutan yang baku, dan menggunakan metode dokumentasi Teknik ini digunakan peneliti untuk memperoleh data tentang gambaran umum Madrasah terkait sejarah berdirinya, visi, misi, tujuan, dan struktur organisasi Madrasah, data guru dan murid, sarana-prasarana, dan dokumentasi terkait penerapan single sex education di MA Putri Ma’arif Ponorogo.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Upaya Penerapan Single Sex Education di MA Putri Ma’arif salah satunya memberikan pelajaran sex kepada siswi madrasah, agar mereka mengetahui dampak negatif dari sex dan menghindari sex demi untuk menjaga diri mereka sendiri. (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Penerapan Single Sex Education di MA Putri Ma’arif, faktor pendukung dan penghambat penerapan single sex education di Madrasah Aliyah Putri Ma’arif Ponorogo adalah adanya ciri khas yang dipertahankan madrasah seperti pelajaran dan ketrampilan kewanitaan. Sementara faktor penghambatnya kurangnya motivasi siswi dan minat belajar siswi di Madrasah Aliyah Putri Ma’arif Ponorogo tahun 2018-2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Aug 2019 07:43
Last Modified: 22 Aug 2019 07:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7258

Actions (login required)

View Item View Item