pengaruh kompetensi kepribadian dan kreativitas guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran al-qur'an hadits kelas x man 2 ponorogo tahun ajaran 2018/2019

HIDAYAH, DHOFATUL (2019) pengaruh kompetensi kepribadian dan kreativitas guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran al-qur'an hadits kelas x man 2 ponorogo tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
DHOFATUL HIDAYAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hidayah, Dhofatul. ”Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Kreativitas Guru terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Drs. Ju’subaidi, M.Ag.
Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian, Kreativitas Guru, Minat Belajar
Minat belajar merupakan salah satu faktor penting yang turut menunjang kesuksesan siswa dalam belajar, karena apabila siswa tidak mempunyai minat dalam belajar, siswa tidak akan dapat belajar dengan sebaik-baiknya. Fakta dilapangan menunjukkan banyaknya siswa yang minat belajarnya rendah. Faktor yang menyebabkan minat belajar siswa rendah yaitu kematangan/ pertumbuhan, latihan, kecerdasan, motivasi dan pribadi. Di sisi lain penyebabnya adalah keluarga atau keadaan rumah tangga, guru dan cara mengajarnya, dan alat-alat yang digunakan dalam belajar mengajar. Guru sebagai komponen penting yang berperan dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Menumbuhkan minat belajar seorang siswa, berarti menggerakkan siswa untuk melakukan sesuatu atau ingin melakukan sesuatu, sehingga siswa merasa ada kebutuhan dan ingin melakukan sesuatu kegiatan belajar. Dengan adanya minat siswa akan lebih perhatian, konsentrasi dan tidak mudah bosan serta lebih semangat untuk belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adanya pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 2 Ponorogo tahun ajaran 2018/2019. 2) Adanya Pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 2 Ponorogo tahun ajaran 2018/2019. 3) Ada tidaknya pengaruh kompetensi kepribadian dan kreativitas guru terhadap minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 2 Ponorogo tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi penelitian ini kelas X MAN 2 Ponorogo tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 390 siswa dan sampel penelitian berjumlah 78 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan ganda.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits kelas X MAN 2 Ponorogo tahun ajaran 2018/2019. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits kelas X MAN 2 Ponorogo tahun ajran 2018/2019. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian dan kreativitas guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits kelas X MAN 2 Ponorogo tahun ajaran 2018/2019. Besar pengaruhnya adalah 51,3%, sedangkan 48,7% % lainya dipengaruhi faktor lain yang tidak sedang diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: JU'SUBAIDI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:14
Last Modified: 22 Aug 2019 04:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7250

Actions (login required)

View Item View Item