Purbaningsih, Kusnul (2019) Pola Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Religius di SMA BAKTI PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI FIX.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Purbaningsih, Kusnul. 2019.Pola Penerapan Pendidikan
Karakter Disiplin Religius di SMA BAKTI Ponorogo.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr.Harjali, M.Pd.
Kata Kunci: Pola, Disiplin, Religius, pendidikan
karakter
Dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor
20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU
Sisdiknas) dikatakan bahwa fungsi pendidikan yaitu untuk
mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,
sehat, berilmu,cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga
negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Maka dari
itu sekolah dan keluarga berperan penting dalam
menanamkan nilai karakter pada anak melalui penerapan
yang tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui
implementasi model pendidikan karakter disiplin dan
religius di SMA BAKTI Ponorogo, (2) Mengetahui
permasalahan penerapan model karakter disiplin dan religiusyang terdapat di SMA BAKTI Ponorogo, (3) Mengetahui
implikasi pelaksanaan pendidikan karakter di SMA BAKTI
Ponorogo
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kualitatif. Pengumpulan data ini diambil dengan teknik
wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis data yang digunakan teknik analisis dalam
penelitian ini adalah yang diberikan oleh Miles dan
Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data dan
kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1)
implementasi model pendidikan karakter disiplin dan
religius melalui pembiasaan, hukuman dan pnladanaan yang
dilakukan olh semua warga sekolah. (2) permasalahan yang
dihadapi oleh pihak sekolah rata-rata adalah masalah yang
timbul dari siswa itu sendiri yang dikarenakan latar
belakang mereka yng broken home sehingga kurang
mendapatkan pengajaran tntang pentingnya nilai karakter
dari lingkungan sekitar maupun keluarga. (3) implikasi
pelaksanaan pendidikan karakter itu sendiri adalah adanya
perubahan perilaku anak yang lebih baik, yaitu adanya
kesadaran dari dalam diri sendiri untuk melakukan sholat,
kesadaran untuk jujur dan mengakui kesalahan tanpa harus
ditanya terlebih dahulu jika melanggar tata tertib sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Harjali |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 01:43 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 01:43 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7246 |
Actions (login required)
View Item |