(FILE TDK BISA DIBUKA) nilai pendidikan islam dalam tradisi kenduri panenan di desa pandak kecamatan balong kabupaten ponorogo

Umami, Riza (2019) (FILE TDK BISA DIBUKA) nilai pendidikan islam dalam tradisi kenduri panenan di desa pandak kecamatan balong kabupaten ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Umami, Riza. 2019. Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Kenduri Panenan di Desa Pandak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Widda Djuhan, S.Ag, M.Si.
Kata Kunci : Nilai Pendidikan Islam, Tradisi, Kenduri Panenan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukannya sebagian masyarakat yang masih tetap mempertahankan keberadaan tradisi lama yang pada umumnya sudah tidak lagi dijalankan oleh mayoritas masyarakat lainnya, karena pengaruh perkembangan zaman yang serba modern. Meskipun demikian, upacara tradisional sebagai warisan budaya luhur bisa dikatakan masih memegang peranan penting bagi sebagian masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagian tradisi yang mengandung makna dan nilai pendidikan Islam di dalamnya, sampai sekarang masih dipatuhi oleh masyarakat tertentu karena dianggap sesuatu yang baik dan tidak menyeleweng dari ajaran agama yang dianutnya, yaitu agama Islam. Salah satu tradisi tersebut yaitu tradisi kenduri panenan yang ada di Desa Pandak, Balong, Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pelaksanaan kenduri panenan di Desa Pandak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo, (2) mengetahui nilai pendidikan Islam dalam tradisi kenduri panenan di Desa Pandak Kecamtan Balong Kabupaten Ponorogo, (3) mengetahui nilai syukur dan nilai sedekah dalam Tradisi kenduri panenan di Desa Pandak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data menggunakan model interaktif Miles Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; (1) Prosesi pelaksanaan tradisi ini dimulai dari persiapan membuat makanan, mengundang tetangga atau kerabat, undangan datang, bersalaman, duduk bersila membentuk lingkaran, hidangan diletakkan di tengah lingkaran para undangan, penyampaian hajat kenduri, tahlilan singkat (umumnya tidak ada), do’a bersama yang dipimpin oleh tokoh agama dan dilanjutkan membagi hidangan untuk para undangan, terakhir penutup, yaitu berpamitan kepada tuan rumah. (2) Nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam tradisi ini yakni nilai ibadah, ibadah yang dimaksud di sini yaitu syukur dan sedekah. (3) nilai syukur dan sedekahnya yakni dibuktikan dengan adanya kegiatan memberi sedekahan berupa makanan siap saji kepada para undangan sebagai wujud dari ungkapan rasa bersyukur mereka kepada Allah Swt. atas nikmat yang diterimanya yang berupa panenan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Aug 2019 06:35
Last Modified: 27 Aug 2019 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7237

Actions (login required)

View Item View Item