pengaruh kualitas informasi dan pengetahuan konsumen terhadap keputusan pembelian di swalayan surya jenangan

Yoantika, Dias (2019) pengaruh kualitas informasi dan pengetahuan konsumen terhadap keputusan pembelian di swalayan surya jenangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
dias yoantika.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Yoantika, Dias. 2019. Pengaruah Kualitas Informasi dan Pengetahuan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan Surya Jenangan. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Said Abadi, Lc., M.A.

Kata Kunci: Harga, Produk dan Konsumen

Proses pengambilan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen berbeda-beda, bergantung pada jenis keputusan pembelian. Pembelian yang rumit dan mahal mungkin melibatkan lebih banyak pertimbangan pembeli dan lebih banyak peserta. Apa yang dibeli, berapa banyak yang dibeli, di mana membeli, dan kapan membelinya bergantung pada pengetahuan konsumen mengenai hal-hal tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka konsumen membutuhkan beberapa informasi yang berkualitas untuk memudahkan konsumen dalam memilih produk yang mereka inginkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah kualitas informasi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian di Swalayan Surya Jenangan? 2) Apakah pengetahuan konsumen berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian di Swalayan Surya Jenangan? 3) Apakah kualitas informasi dan pengetahuan konsumen berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian di Swalayan Surya Jenangan?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pedekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan Isac Michel, dengan jumlah responden 96 konsumen Swalayan Surya Jenangan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Dari hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa: secara parsial kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Swalayan Surya Jenangan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 4,182 > 1,985 dan nilai signifikansi uji t < nilai sig yaitu 0,000 < 0,05 serta kualitas informasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 15,7%. Secara parsial pengetahuan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > ttabel yaitu 7,693 > 1,985 dan nilai signifikansi uji t < nilai sig 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 serta pengetahuan konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 38,6%. Kualitas informasi dan pengetahuan konsumen secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 35,325 > 3,09 dan nilai signifikan uji F < nilai sig yaitu 0,000 < 0,05 serta kualitas informsi danpengetahuan konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan sebesar 43,2% .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Aug 2019 06:33
Last Modified: 20 Aug 2019 06:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7235

Actions (login required)

View Item View Item