etika guru menurut kh. hasyim asy’ari dan relevansinya dengan kode etik guru di indonesia

Khoirunnisfa, Rinda (2019) etika guru menurut kh. hasyim asy’ari dan relevansinya dengan kode etik guru di indonesia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rinda .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khoirunnisfa. Rinda. 2019: Etika Guru Menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Relevansinya Dengan Kode Etik di Indonesia. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata kunci: Etika Guru, KH. Hasyim Asy’ari dan Kode Etik guru
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyak nya guru yang kurang bahkan menyimpang dari kode etikanya. Padahal seorang guru adalah seseorang yang digugu lan ditiru. Artinya, seorang guru harus menjadi pribadi yang dapat dicontoh budi pekertinya sekaligus dijadikan panutan segala pendapat dan tutur katanya oleh peserta didik dan masyarakat. Untuk memenuhi tuntutan kualitas etika guru KH. Hasyim Asy’ari telah memberikan kontribusi pemikiran yang dapat ditiru oleh seorang guru.
Berdasarkan latar belakang permasalah di atas, maka tujuan masalah dari penelitian ini adalah (1). Untuk mendeskripsikan pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang etika guru dalam pendidikan Islam. (2). Untuk mendeskripsikan relevansi etika guru dalam pendidikan Islam menurut KH.Hasyim Asy’ari dengan kode etik guru di dindonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif adapun jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kepustakaan atau sering disebut library reseach. Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan yaitu dengan mengkaji tentang etika guru menurut KH. Hasyim Asy’ari, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode content analysis atau analisis isi.
Penelitian menyimpulkan (1) Etika yang harus dimiliki guru menurut KH. Hasyim, yaitu bersikap muraqabah kepada Allah, sakinah, sebagai penasehat dan pembimbing, melaksanakan syariat Islam, memanfaatkan waktu luang untuk beribadah dan menyusun karya tulis, tidak menjadiakan ilmu media mencari tujuan duniawi, mendahulukan materi yang penting serta mengajar dengan memperhatiakan karakteristik dari masing-masing peserta didiknya, menyayangi semua murid dan memperbaiki niat untuk mencari ridha Allah. (2) Relevansi etika guru menurut KH.Hasyim Asy’ari terhadap kode etik guru di dindonesia, yaitu memiliki relevansi baik etika guru terhadap dirinya sendiri, etika guru ketika akan mengajar dan etika guru terhadap murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:18
Last Modified: 20 Aug 2019 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7229

Actions (login required)

View Item View Item