internalisasi nilai-nilai keislaman siswa melalui mata pelajaran kemuhammadiyahan (studi kasus di ma muhammadiyah 1 ponorogo)

Istiqomah, Yulia (2019) internalisasi nilai-nilai keislaman siswa melalui mata pelajaran kemuhammadiyahan (studi kasus di ma muhammadiyah 1 ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI (PDF).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Istiqomah, Yulia. 2019. Internalisasi Nilai-nilai Keislaman Siswa melalui Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan (Studi Kasus di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo). Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-nilai Keislaman, Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan
Pendidikan merupakan salah satu tonggak untuk memajukan individu dan mencetak siswa menjadi manusia yang memiliki pengetahuan dan kemampuan agama sehingga siswa menjadi pribadi yang rahmatan lil alamin. Namun faktanya di lingkungan pembelajaran sekolah terdapat berbagai macam masalah diantaranya kurangnya kemampuan guru dalam memilih metode dan strategi pembelajaran yang sesuai untuk kemampuan dan kebutuhan belajar siswa, sehingga siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran. Selain itu terdapat akhlak siswa yang kurang baik dalam tutur kata, perbuatan dan tingkah lakunya. Madrasah berusaha meng-Internalisasikan nilai-nilai keislaman di dalam mata pelajaran Kemuhammadiyahan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa MA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai keislaman siswa melalui mata pelajaran ke-Muhamadiyahan, faktor yang mendukung dan menghambat internalisasi nilai-nilai keislaman siswa Madrasah Aliyah Muhamadiyah 1 Ponorogo dan kontribusi mata pelajaran Kemuhamadiyahan terhadap keislaman siswa Madrasah Aliyah Muhamadiyah 1 Ponorogo.
Penulis melakukan penelitian di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu Miles dan Huberman dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Internalisasi nilai-nilai keislaman dalam mata pelajaran Kemuhammadiyahan di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo adalah nilai ibadah, nilai aqidah dan nilai akhlak. Pembelajaran menggunakan metode historis dan metode deskriptif. (2) Faktor pendukung Internalisasi nilai-nilai keislaman dalam mata pelajaran Kemuhammadiyahan yaitu pendidik/guru, sarana prasarana, organisasi kemuhammadiyahan dan evaluasi. Faktor penghambat Internalisasi nilai-nilai keislaman dalam mata pelajaran Kemuhammadiyahan yaitu kurangnya pemahaman siswa, kurangnya fasilitas, terbatasnya materi dan keterbatasan waktu. (3) Kontribusi mata pelajaran Kemuhammadiyahan terhadap tingkat keislaman siswa adalah perubahan karakter siswa yang tidak emosional saat menghadapi masalah, memiliki pemahaman yang mantap tentang Muhammadiyah dan siswa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga berpengaruh terhadap peningkatan keislaman siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:23
Last Modified: 20 Aug 2019 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7224

Actions (login required)

View Item View Item