upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar santri melalui strategi pembelajaran aktif di madrasah diniyah an-nur sukowinangun magetan tahun pelajaran 2018-2019

Rosyidah, Inayatur (2019) upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar santri melalui strategi pembelajaran aktif di madrasah diniyah an-nur sukowinangun magetan tahun pelajaran 2018-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_INAYATUR_DI_ETHESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rosyidah, Inayatur. 2019. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Melalui Strategi Pembelajaran Aktif di Madrasah Diniyah An-Nur Sukowinangun Magetan Tahun Pelajaran 2018/2019.Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agana Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Harjali, M.Pd.
Kata kunci: Upaya Guru, Motivasi Belajar, Strategi Pembelajaran Aktif.
Motivasi merupakan suatu hal yang penting dalam melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Motivasi diibaratkan sebagai motor penggerak atau pendorong, karena tanpa adanya motivasi seseorang akan mustahil melakukan sesuatu. Terkait dengan belajar, motivasi memiliki peran yang penting. Peran guru sebagai motivator merupakan faktor pendorong dari luar agar santri memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar. Disamping itu motivasi berperan sebagai penyeleksi arah perbuatan dalam mencapai tujuan belajar. Tanpa adanya motivasi, tujuan belajar tidak akan tercapai secara optimal.Pada awalnya di Madrsah Diniyah An-Nur Sukowinangun Magetan terdapat motivasi belajar santri yang kurang. Oleh karena itu guru mengadakan upaya untuk meningkatkan motivasi belajar santri melalui pendekatan strategi pembelajaran aktif.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar. (2) mendeskripsikan problem yang dihadapi santri dalam peningkatan motivasi belajar. (3) kontribusi penerapan pendekatan strategi pembelajaran aktif terhadap peningkatan motivasi belajar santri.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar antara lain memberitahukan tujuan belajar, menerapan strategi pembelajaran aktif, menciptakan kompetisi, pujian verbal dan memberikan hadiah/reward bagi santri yang berprestasi. (2) problem yang dihadapi santri dalam peningkatan motivasi belajar meliputi problem dari faktor internal antara lain kesehatan santri dan gaya belajar santri dengan tipe khusus dan faktor eksternal antara lain kondisi lingkungan alam, sarana dalam media belajar dan cara mendidik anak di lingkungan keluarga. (3) kontribusi yang diperoleh teradap peningkatan motivasi belajar antara lain adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil dalam belajar, semangat, rasa senang, sikap rajin dan kebutuhan dalam belajar, memiliki cita-cita/harapan masa depan serta adanya pemberian penghargaan dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: HARJALI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Aug 2019 02:59
Last Modified: 19 Aug 2019 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7199

Actions (login required)

View Item View Item