sinergitas komite sekolah dan kepala sekolah dalam mengimplementasikan budaya sekolah di madrasah tsanawiyah ma’arif al-islah bungkal

Martina, Eka (2019) sinergitas komite sekolah dan kepala sekolah dalam mengimplementasikan budaya sekolah di madrasah tsanawiyah ma’arif al-islah bungkal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
EKA MARTINA 210315299.pdf

Download (877kB) | Preview

Abstract

Martina, Eka. 2018. Sinergitas Komite Sekolah dan Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Budaya Sekolah di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Al-Islah Bungkal. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing Dr. Ju’subaidi M.Ag
Kata Kunci: Sinergitas Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Budaya Sekolah
Budaya sekolah adalah sekumpulan nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan, keseharian dan simbol-simbol yang dibentuk dan dipraktekkan oleh baik kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan siswa dan masyarakat sekolah. Kemajuan dari sebuah sekolah tidak luput dari campur tangan masyarakat sekitar. Untuk mewujudkan suatu sekolah yang mempunyai mutu tinggi hal utama yang dilakukan adalah menjadikan sekolah diterima di masyarakat, dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, perlu adanya koordinasi dan komunikasi yang baik dengan masyarakat. Adapun pihak yang menjadi wadah dalam menuangkan ide-ide/gagasan dari masyarakat untuk kemajuan sekolah ada dalam komite sekolah. Kerja sama yang baik untuk mewujudkan suatu program sekolah harus dijalin seorang kepala sekolah dengan komite sekolah.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan Tugas Pokok dan Fungsi Komite Sekolah di Mts Ma’arif Al-Islah Bungkal. (2) Untuk mendiskripsikan Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah di Mts Ma’arif Al-Islah Bungkal. (3) Untuk menjelaskan bagaimana sinergitas Komite Sekolah dan Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan Budaya Sekolah Di Mts Ma’arif Al-Islah Bungkal.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penetuan subjek penelitian menggunakan teknik purpossive sampling Analisis data menggunakan analisis interaktif yang diintrodasir oleh Milles dan Huberman dengan tahapan; reduksi data, display data, kemudian conclution/verivication.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Tugas pokok Komite Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Al-Islah selain sebagai perancang program juga bertugas sebagai pengawas dan pemberi contoh yang baik diluar lingkungan sekolah. Fungsi komite Sekolah Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Al-Islah yakni sebagai wadah dan pemberi pertimbangan dari ide-ide masyarakat terkait program-program sekolah. (2) Tugas pokok Kepala sekolah Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Al-Islah selain mejadi pemberi keputusan akan program yang dijalankan juga memberikan arahan, memberi contoh yang baik untuk semua warga sekolah, dan fungsi Kepala sekolah Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Al-Islah yakni sebagai komponen utama yang menjadikan program tersebut berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. (3) Sinergitas antara komite sekolah dan kepala sekolah Komite Sekolah dan Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Al-Islah terjalin dengan baik, merupakan suatu hal pokok yang menjadikan sekolah mempunyai mutu yang baik dengan adanya program-program yang telah disepakati oleh banyak pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Aug 2019 02:02
Last Modified: 19 Aug 2019 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7190

Actions (login required)

View Item View Item