implementasi metode outdoor learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di smpn 1 mlarak ponorogo

Ilmi, Asis Rosikhul (2019) implementasi metode outdoor learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di smpn 1 mlarak ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ilmi, Asis Rosikhul. 2019. Implementasi Metode Outdoor
Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Di SMPN 1 Mlarak Ponorogo. Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Nurul
Khasanah, M.Pd.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Metode Outdoor
Learning
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah
proses pembelajaran yang kurang menarik dan
menyenangkan, sehingga siswa merasa bosan, jenuh, dan
kurang minat atau bersemangat dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran. Hal ini disebabkan karena seorang guru
ketika pembelajaran berlangsung hanya menggunakan
metode ceramah dan menoton. Sehingga dalam kegiatan
pembelajaran yang berlangsung masih belum maksimal dan
berdampak pada hasil belajar siswa yang masih dibawah
KKM.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
proses pembelajaran menggunakan metode outdoor learning
untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kecamatan
Mlarak Ponorogo. Untuk mengungkap penjelasan diatas,
peneliti merumuskan masalah sebagai berikut ;
(1) Bagaimana Implementasi outdoor learning dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1
MLARAK ? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat
implementasi outdoor learning dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 MLARAK? (3)
Bagaimana dampak metode outdoor learning terhadap
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP
Negeri 1 MLARAK?
Untuk menjawab permasalahan diatas, penelitian ini
disusun dengan menggunakan penelitian kualitatif (studi
kasus), dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan tehnik wawancara, observasi dan
dokumentasi. Kemudian, teknik dalam analisis data adalah
reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan atau
verifikasi, serta model berfikir yang digunakan adalah
induktif. Adapun partisipan dalam penelitian ini adalah
siswa-siswi SMP Negeri 1 Mlarak.
Dari hasil analisa penelitian ini, ditemukan bahwa (1)
Pelaksanaan metode outdoor learning membuat siswa kelas
VIIA lebih aktif dan menumbuhkan keberanian. Siswa
menggali sendiri pengetahuannya dengan cara mengamati
dan bertanya kepada teman maupun guru. Tahap
penyelesaian atau tindak lanjut dari pelaksanaan outdoor
learning adalah berupa evaluasi dan pemahaman dalam
materi yang mereka pelajari. Tindak lanjut dalam
pelaksanaan outdoor learning mereka melakukan diskusi
perkelompok dan dipresentasikan didepan kelas. (2) Faktor
yang mendukung implementasi outdoor learning ini adalah adanya tindak lanjut dari seluruh pihak sekolah untuk saling
bahu-membahu di dalam mewujudkan dan mensukseskan
metode outdoor learning dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa. Selain itu dari segi sarana dan prasarana yang
memadai yang dimiliki oleh sekolah juga sangat membatu
lancarnya proses pembelajaran pada mata pelajaran PAI
khususnya dan mata pelajaran yang lain pada umumnya. (3)
Dampak metode outdoor learning terhadap motivasi adalah
mampu meningkatkan semangat atau motivasi belajar siswa.
Hal ini ditunjukkan dengan semangat belajar anak dan
prestasi siswa juga meningkat. Hal ini juga diperkuat
dengan adanya tanggapan siswa yang mengatakan suka
dengan metode outdoor learning pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nurul Khasanah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Aug 2019 06:47
Last Modified: 16 Aug 2019 06:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7182

Actions (login required)

View Item View Item