pengaruh kegiatan menghafal al-qur’an juz 30 dan pembiasaan shalat dzuhur berjamaah terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas xi ips sma negeri 3 ponorogo tahun ajaran 2018/2019

Obtivia, Tri Dewi (2019) pengaruh kegiatan menghafal al-qur’an juz 30 dan pembiasaan shalat dzuhur berjamaah terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas xi ips sma negeri 3 ponorogo tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TRI DEWI OBTIVIA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Obtivia, Tri Dewi. 2019. Pengaruh Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Juz 30 dan Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Harjali, M.Pd.

Kata Kunci: Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Juz 30, Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah, dan Kecerdasan Spiritual
Kecerdasan spiritual merupakan kemampuan manusia untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Ilahiah sebagai manifestasi dari aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari. Manusia pada saat ini tidak cukup hanya memiliki kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional saja, melainkan harus dilengkapi dengan kecerdasan spiritual yang didapatkan dengan cara mendekatkan diri kepada Allah Swt. yang salah satunya dengan membiasakan diri beribadah kepada-Nya melalui kegiatan menghafal Al-Qur’an juz 30 dan membiasakaan shalat dzuhur secara berjamaah. Di lapangan ditemukan masih terdapat siswa yang kurang sadar akan pentingnya nilai ibadah, belum fasih dalam membaca Al-Qur’an, dan kepribadian siswa yang kurang baik. Sehingga hal tersebut belum sesuai dengan apa yang diharapkan oleh bapak dan ibu guru. Jadi diharapkan melalui kegiatan menghafal Al-Qur’an juz 30 dan pembiasakaan shalat dzuhur berjamaah akan meningkatkan kecerdasan spiritual siswa.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh kegiatan menghafal Al-Qur’an juz 30 terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Ponorogo, (2) untuk mengetahui pengaruh pembiasaan shalat dzuhur berjamaah terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Ponorogo, (3) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kegiatan menghafal Al-Qur’an juz 30 dan pembiasaan shalat dzuhur berjamaah terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Ponorogo yang berjumlah 103 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 73 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data digunakan rumus Regresi Linier Sederhana dan Berganda dengan bantuan SPSS 16 for windows.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) adanya pengaruh yang signifikan antara kegiatan menghafal Al-Qur’an juz 30 terhadap kecerdasan spiritual dimana diperoleh nilai Fhitung (8,410) ≥ Ftabel (3,98), sehingga Ho ditolak/Ha diterima. Hal ini berarti kegiatan menghafal Al-Qur’an juz 30 mempunyai pengaruh terhadap kecerdasan spiritual sebesar 10,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, (2) adanya pengaruh yang signifikan antara pembiasaan shalat dzuhur berjamaah terhadap kecerdasan spiritual dimana diperoleh nilai Fhitung (4,895) ≥ Ftabel (3,98), sehingga Ho ditolak/Ha diterima. Hal ini berarti pembiasaan shalat dzuhur berjamaah mempunyai pengaruh terhadap kecerdasan spiritual sebesar 6,4% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, (3) adanya pengaruh yang signifikan antara kegiatan menghafal Al-Qur’an juz 30 dan pembiasaan shalat dzuhur berjamaah terhadap kecerdasan spiritual dimana diperoleh nilai Fhitung (7,616) ≥ Ftabel (3,13), sehingga Ho ditolak/Ha diterima. Hal ini berarti kegiatan menghafal Al-Qur’an juz 30 dan pembiasaan shalat dzuhur berjamaah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan spiritual sebesar 17,9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harjali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:36
Last Modified: 16 Aug 2019 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7173

Actions (login required)

View Item View Item