pengaruh minat belajar dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar kelas vii mata pelajaran pai di smp n 3 pringkuku kabupaten pacitan

Pranata, Rengga Cahya Adi (2019) pengaruh minat belajar dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar kelas vii mata pelajaran pai di smp n 3 pringkuku kabupaten pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
UPLOAD RENGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Adi Pranata, Rengga Cahya. 2019. Pengaruh Minat Belajar dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Kelas VII Mata Pelajaran PAI Di SMPN 3 Pringkuku Kabupaten Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Pryla Rochmahwati, M. Pd.

Kata Kunci : Minat Belajar, Kedisiplinan dan Prestasi Belajar

Tujuan pembelajaran dalam suatu kegiatan pembelajaran hanya dapat dicapai jika ada interaksi belajar mengajar antara guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran dikelas. Interaksi tersebut harus dalam proses komunikasi yang aktif dan edukatif antara guru dan peserta didik saling menguntungkan kedua belah pihak agar proses pembelajaran berjalan secara efisien dan efektif. Namun permasalahan belajar saat ini sering dihadapkan dengan berbagai masalah yang kompleks, yaitu adanya dampak negatif apabila dibiarkan masalah ini menyebabkan tujuan dari setiap pembelajaran tidak akan tercapai dan efeknya prestasi belajar siswa menjadi rendah. Hal ini tentunya perlu mendapatkan perhatian dari kita semua, khususnya pendidik. Selain kedisiplinan yang penting, minat belajar siswa juga harus diperhatikan. Karena minat belajar mempengaruhi proses dan hasil belajar anak didik. Karena minat belajar adalah rasa lebih suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minatnya.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui adakah pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar kelas VII mata pelajaran PAI di SMPN 3 Pringkuku Kabupaten Pacitan. (2) Mengetahui adakah pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar kelas VII mata pelajaran PAI di SMPN 3 Pringkuku Kabupaten Pacitan. (3) Mengetahui adakah pengaruh yang signifikan minat belajar dan kedisiplinan berpengaruh terhadap prestasi belajar kelas VII mata pelajaran PAI di SMPN 3 Pringkuku Kabupaten Pacitan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Expost Facto. Adapun sumber data diperoleh populasi yang berjumlah 94 siswa, lalu sampel dari populasi tersebut dengan jumlah 94 siswa di SMPN 3 Pringkuku Kabupaten Pacitan. Teknik mengambill sampel yaitu teknik sampel jenuh. Teknik pengumpiulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier ganda dengan menggunakan SPSS versi 16.0 for windows.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan, bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar dengan bukti Fhitung (4.384) > Ftabel (3,94) dengan pengaruh sebesar 45% sehingga H01 ditolak dengan persamaan regresinya Y= 92,231 + 0,91 X1, (2) ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan terhadap prestasi belajar dengan bukti Fhitung (4.605) > Ftabel (3,94) dengan pengaruh sebesar 48% sehingga H02 ditolak dengan persamaan regresinya Y= 92,073+0,89X2. (3) ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar dengan bukti Fhitung (2.317) > Ftabel (3,10) dengan pengaruh sebesar 28% sehingga H03 ditolak dengan persamaan regresinya Y=(92,336)+0,32+0,61

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: PRYLA ROCHMAWATI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Aug 2019 07:16
Last Modified: 15 Aug 2019 07:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7166

Actions (login required)

View Item View Item