pengaruh konsentrasi dan daya ingat terhadap kemampuan menghafal al-quran siswa di mts n 04 madiun

wahyuni, sri (2019) pengaruh konsentrasi dan daya ingat terhadap kemampuan menghafal al-quran siswa di mts n 04 madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
buat uplud.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wahyuni, Sri. 2019. Pengaruh Konsentrasi dan Daya Ingat terhadap Kemampuan Menghafal Al-Quran Siswa diMTs N 04 Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Harjali, M.Pd.
Kata kunci: Konsentrasi, Daya Ingat, Kemampuan Menghafal Al-Quran.
Konsentrasi adalah salah satu hal terpenting dalam proses belajar, karena degan konsentrasi atau perhatian siswa dapat memahami pelajaran yang diberikan oleh seorang guru, dan mampu mengingat dengan baik apa yang telah guru ajarkan. Daya ingat yang baik dapat pula meningkatkan kemampuan, baik dibidang akademik maupun non akademik, dalam bidang non akademik salah satunya kemampuan dalam menghafal al-quran, dalam menghafalkannya di butuhkan konsentrasi atau perhatian yang khusus dan daya ingat yang tajam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Adakah pengaruh konsentrasi dan daya ingat terhadap kemampuan menghafal al-quran di MTs N 04 Madiun?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh konsentrasi dan daya ingat terhadap kemampuan menghafal al-quran di MTs N 04 Madiun
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitiannya adalah siswa program tahfidz al-quran di MTs N 04 Madiun berjumlah 44 siswa menurut Suharsimi Arikunto Untuk sekedar ancer-ancer, maka apabila subjeknya kurang dari 100 lebih baik diambil semua sehigga penelitiaanya merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Untuk uji validitas dengan menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan Spearman Brown, sedangkan untuk analisa data utamanya menggunakan rumus regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa variabel konsentrasi dan daya ingat berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menghafal al-quran di MTs N 04 Madiun Hal ini dibuktikan dengan Fhitung >Ftabel, maka tolak H0 yang artinya konsentrasi (x1) dan daya ingat (x2) berpengaruh pada kemampuan meghafal al-quran (y) sebesar 39,12%

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harjali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:28
Last Modified: 15 Aug 2019 06:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7158

Actions (login required)

View Item View Item