pengaruh religiusitas dan brand awareness aqua terhadap keputusan pembelian aqua pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam (febi) iain ponorogo

Hidayah, Khairatun Nisa' Nurul (2019) pengaruh religiusitas dan brand awareness aqua terhadap keputusan pembelian aqua pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam (febi) iain ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PENGARUH RELIGIUSITAS DAN BRAND AWARENESS AQUA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGARUH RELIGIUSITAS DAN BRAND AWARENESS AQUA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AQUA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (FEBI) IAIN PONOROGO

Oleh: Khairatun Nisa’ Nurul Hidayah

ABSTRAK

Aqua merupakan salah satu merek Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) paling laris Indonesia, hal ini terbukti dengan Aqua selalu menduduki peringkat pertama dalam Top Brand Index (TBI) selama bertahun-tahun. Namun sejak Aqua diakusisi oleh Group Danone dengan kepemilikan saham sebesar 74%, TBI Aqua mengalami penurunan dari Tahun 2014-2018. Penurunan tersebut terjadi bersamaan dengan seruan aksi boikot produk Yahudi yang dilakukan oleh beberapa pihak karena Group Danone merupakan milik Yahudi. Dari sejarah dan faktanya diketahui bahwa Yahudi/Israel terus melakukan serangan dan penjajahan pada Negara Palestina sampai sekarang, sedangkan hasil keuntungan dari perusahaan-perusahaan Yahudi tersebut digunakan untuk membantu melakukan penyerangan terhadap Palestina. Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo merupakan suatu komunitas muslim yang pasti tentunya sudah paham mengenai konsumsi secara Islam dan rata-rata sudah tahu bahwa Danone milik Yahudi namun masih tetap mengkonsumsi Aqua. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas dan brand awareness Aqua terhadap keputusan pembelian Aqua pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Ponorogo.
Jumlah responden yang diambil menjadi sampel pada penelitian ini adalah 95 mahasiswa dari tiga jurusan (Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan Manajemen Zakat Wakaf). Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif yaitu meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F serta uji koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) religiusitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian Aqua dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,517 dan nilai t-hitung 5,098 > t-tabel 1,988, 2) brand awareness berpengaruh terhadap keputusan pembelian Aqua dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,597 dan nilai t-hitung 5,680 > t-tabel 1,988, 3) religiusitas dan brand awareness berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian Aqua dengan nilai F-hitung > F-tabel atau 86,161 > 3,10, 4) untuk nilai R Square sebesar 0,670, hal ini menunjukkan bahwa persentase kontribusi pengaruh variabel independen (religiusitas dan brand awareness) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) sebesar 67%. Sedangkan sisanya sebesar 33% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Kata kunci: religiusitas, brand awareness, dan keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anton Sudrajat
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Aug 2019 00:50
Last Modified: 15 Aug 2019 00:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7150

Actions (login required)

View Item View Item