Interaksi Edukatif Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Sambit

Muchtaroh, Anis (2019) Interaksi Edukatif Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Sambit. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PERPUSTAKAAN PDF.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Muchtaroh, Anis. 2019. Interaksi Edukatif Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sambit. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Wirawan Fadly, M.Pd.

Kata kunci: Interaksi Edukatif, Guru Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar Siswa.

Dalam proses pembelajaran sebagai transfer of knowledge dan transfer of values harus tercipta interaksi yang baik antara guru dan peserta didik. Hal tersebut dimaksudkan supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Interaksi yang diciptakan harus dapat mengantarkan peserta didik menuju pendewasaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui interaksi edukatif guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sambit dan (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat interaksi edukatif guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Sambit.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik sampel penelitian menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan tujuh sampel yang sesuai dengan kriteria pada tujuan penelitian. Sedangkan untuk teknik analisis data, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dianalisis dapat diketahui bahwa (1) Interaksi edukatif guru untuk meningkatkan prestasi siswa di SMA Negeri 1 Sambit meliputi a) Persiapan guru sebelum melakukan proses pembelajaran yang berupa RPP; b) Pemilihan metode yang sesuai dengan materi dan penggunaan metode yang bervariasi; c) Keberhasilan guru dalam memainkan perannya sebagai fasilitator, komunikator, motivator, dan evaluator; d) Proses menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari; e) Pemberian punishment terhadap peserta didik yang melakukan hal yang tidak relevan; f) Pengenalan terhadap peserta didik oleh seorang guru; g) Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran; h) Evaluasi dalam proses pembelajaran. (2) Faktor pendukung interaksi edukatif guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa meliputi a) Budaya penanaman nilai agama Islam oleh lembaga sekolah; b) Inisiatif guru untuk berkomunikasi dengan orang tua peserta didik; c) Supervisi dari Kepala Sekolah; d) Konseling individu oleh pihak BP/BK sekolah; e) Kerjasama pihak BP/BK sekolah dengan orang tua peserta didik; f) Motivasi dari dalam diri peserta didik; g) Peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam kepada anak; h) Pengawasan orang tua terhadap hasil belajar anak di sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi a) Kuantitas tenaga kependidikan; b) Sikap pasif peserta didik; c) Situasi yang tidak relevan selama proses pembelajaran berlangsung; d) Tidak adanya inisiatif dari pihak orang tua untuk berkomunikasi dengan pihak guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Aug 2019 05:23
Last Modified: 14 Aug 2019 05:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7124

Actions (login required)

View Item View Item