model pengembangan pendidikan hard skill siswa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 (studi kasus di smk bp subulul huda kembangsawit madiun)

Qoni'ah, Binti (2019) model pengembangan pendidikan hard skill siswa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 (studi kasus di smk bp subulul huda kembangsawit madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BINTI QONI’AH NIM 210315305.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Qoni’ah,Binti.2019.Model Pengembangan Pendidikan Hard
Skill Siswa DalamMenghadapi Era Revolusi Industry
4.0.(Studi Kasus di SMK BP Subulul Huda
Kembangsawit Madiun)
Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri(IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmadi, M.Ag.

Kata Kunci:Hard Skill, Revolusi Industri4.0.

Penelitian ini berangkat dari pandangan penulis bahwa pentingnya menyiapkan SDM untuk menyongsong era revolusi industry 4.0saatini.Diantara kemampuan yang harus dimaksimalkan terutama bagi pesertadidik yaitu kemampuan hard skillnya yang meliputi aspek akademik dan vokasional. Dalam penelitian inipenulis ingin melihat bagaimana upaya pengembangan model pendidikan hard skill diSMK BP untuk menghadapi erarevolusi industry4.0.

Penelitian ini bertujuan mengetahui(1)pengembangan tujuan dan materi pendidikan hard skill siswa (2) pengembangan metode dan media pendidikan hard skill siswa (3) evaluasi pendidikan hard skill siswa(4) faktor pendukung dan penghambat pengembangan pendidikan hard skill siswa di SMK Berbasis Pesantren Subulul Huda Kembangsawit Madiun dalam menghadapi era industri4.0.

Jenis penelitian menggunakan metode penelitian Kualitatif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, danobservasi.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan konsep yang diberikan Miles&Huberman.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) pengembangan tujuan dan materi hard skill siswa untuk meningkatkan pemahaman maupun aspek religious dan mencetak siswa yang memiliki kemampuan khusus dalam pemrograman komputer(melalui jurusanRPL).(2) Pengembangan metode dan media sudah mengacu pada mindset korporat dan pemenuhan media yang berbentuk hardware maupun software yang berupa komputer dan aplikasi-aplikasi terutama tentang pemograman.(3) pengembangan evaluasi pendidikan hard skill siswa dengan bermuhasabah diri akhirnya bisa mendorong siswa untuk mengambil sebuah pelajaran (ibrah) dari materi yang dipelajari. Untuk akademik skill dan praktek membuat produk tertentu yang berkaitan dengan kualifikasi keahliannya untuk vokasionalskill.(4)faktorpendukung kultur santri yang sangat lekat dan fasilitas yang sudah cukup baik.Faktor penghambat, keadaan SMKBP yang masih sangat muda sehingga menghambat dalam melakukan inovasi-inovasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Aug 2019 05:24
Last Modified: 14 Aug 2019 05:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7118

Actions (login required)

View Item View Item