implementasi pendidikan karakter toleransi di sma negeri 2 ponorogo

Ependi, Riki (2019) implementasi pendidikan karakter toleransi di sma negeri 2 ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi riki perpustakaan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ependi, Riki. 2019. Implementasi pendidikan karakter toleransi di SMA Negeri 2 Ponorogo. Skripsi. Program studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Miftahul Ulum, M.Ag.

Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter, Pendidikan Karakter Toleransi.
Sebagai lembaga pendidikan Sekolah Menengah Umum yang formal, lembaga pendidikan ini akan terus dibutuhkan kehadirannya untuk memenuhi kebutuhan dan menjawab problematika yang ada dilingkungan masyarakat untuk memenuhi tuntutan kebutuhan terhadap ilmu-ilmu sosial. Namun demikian, lembaga pendidikan mengalami kendala ketika dilihat kebutuhan dalam proses peningkatan kualitas sumber daya manusia terlebih bagi lulusannya. Merespon hal tersebut, maka SMA Negeri 2 Ponorogo sebagai sekolah yang berkarakter sesuai visi dan misinya mengembangkan karakter khususnya karakter toleransi untuk memberikan bekal terhadap siswa, sehingga setelah lulus mereka siap masuk kedalam kehidupan bermasyarakat dalam menciptakan kerukunan.
Berdasarkan uraian diatas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana perencanaan pendidikan karakter toleransi di SMA Negeri 2 Ponorogo? (2) Bagaiman pelaksanaan pendidikan karakter toleransi di SMA Negeri 2 Ponorogo?
(3) Bagaimana evaluasi pendidikan karakter toleransi di SMA Negeri 2 Ponorogo?
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagi berikut: (1) perencanaan pendidikan karakter toleransi di SMA Negeri 2 Ponorogo mencakup sejumlah hal penting yaitu, strategi kebijakan, taktik dan program yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan program karakter toleransi yang telah ditetapkan. (2) pelaksanaan pendidikan karakter toleransi di SMA Negeri 2 Ponorogo yaitu dilakukan dengan metode pembiasaan, kegiatan pembelajaran di kelas, dan kegiatan ekstrakurikuler. (3) evaluasi pendidikan karakter toleransi di SMA Negeri 2 Ponorogo yaitu dapat diketahui bahwa 100% siswa sudah menerapkan karakter toleransi di sekolah dan sudah membudaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Aug 2019 00:58
Last Modified: 14 Aug 2019 00:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7108

Actions (login required)

View Item View Item