penerapan metode an-nahdliyah dalam belajar membaca al-quran di madrasah ibtidaiyah thoriqul huda ngrawan dolopo madiun

Wardhani, Pitaloka (2019) penerapan metode an-nahdliyah dalam belajar membaca al-quran di madrasah ibtidaiyah thoriqul huda ngrawan dolopo madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PITAlOKA[1].pdf

Download (960kB) | Preview

Abstract

Wardhani Pitaloka 2019. Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Belajar Membaca Al-Quran Di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Ngrawan Dolopo Madiun Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Faninda Novika Pertiwi, M.Pd
Kata kunci Belajar, Membaca dan Metode An-Nahdliyah. Belajar adalah suatu perubahan perilaku yang relatif permanen dan dihasilkan dari pengalaman masa lalu ataupun dari pembelajaran yang bertujuan atau direncanakan. Membaca adalah interaksi antara pembaca dan penulis. Interaksi tersebut tidak langsung, namun bersifat komunikatif. Metode An-Nahdliyah adalah salah satu metode membaca Al-Quran yang lebih menekankan pada kesesuaian dan keteraturan bacaan dengan menggunakan ketukan.Kebanyakan siswa sulit menyesuaikan keteraturan bacaan dengan ketukan. Antar umat Islam, membaca yang memiliki nilai paling penting dalam kehidupannya Al-Quran adalah membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an memiliki banyak sekali manfaat. Umat Islam yang mentradisikan membaca Al-Qur’an akan dapat memetik banyak manfaat. Salah satunya, Al-Qur’an merupakan penawar (obat) bagi penyembuhan penyakit rohani.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perencanaan metode membaca Al-Quran An-Nahdliyah di MI Thoriqul Huda NgrawanDolopoMadiun, .2) untuk mengetahui pelaksanaan metode membaca Al-Quran An-Nahdliyah di MI Thoriqul Huda Ngrawan Dolopo Madiun, 3) untuk mengetahui evaluasi metode membaca Al-Quran An-Nahdliyah Di MI Thoriqul Huda Ngrawan Dolopo Madiun, 4) untuk mengetahui hambatan pada pembelajaran membaca Al-Quran di MI Thoriqul Huda Ngrawan Dolopo Madiun, 5) dan untuk mengetahui faktor pendorong pada pembelajaran membaca Al-Quran dengan menggunakan metode An-Nahdliyah di MI Thoriqul Huda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dan dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah guru dan siswa. Untuk analisis data menggunakan deskriptif kualitatif menggunakan tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode An-Nahdliyah di MI Thoriqul Huda Ngrawan pembelajaran metode membaca Al-Quran An-Nahdliyah Di Mi Thoriqul Huda Ngrawan Dolopo Madiun sudah terjadwal secara rinci. Pelaksanaan Metode Membaca Al-Quran An-Nahdliyah Di MI Thoriqul Huda Ngrawan Dolopo Madiun, menggunakan metode membaca Al-Quran An-Nahdliyah. Evaluasi Metode Membaca Al-Quran An-Nahdliyah Di Mi Thoriqul Huda Ngrawan Dolopo Madiun,dilakukan setiap akhir semester. Faktor yang mendukung penerapan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran Al-Quran di MI Thoriqul Huda meliputi: 1) keistiqomahan bapak ibu guru dalam mengajar, 2) dorongan orang tua, 3) metode yang digunakan, 4) kepala yayasan sebagai suri teladan. Sedangkan faktor penghambat penerapan metode An-Nahdliyah dalam belajar membaca Al-Quran di MI Thoriqul Huda meliputi: 1) kurangnya dorongan orang tua, 2) jumlah bapak dan ibu guru yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Aug 2019 00:48
Last Modified: 12 Aug 2019 00:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7062

Actions (login required)

View Item View Item