persepsi siswa terhadap kegiatan jum’at infak sebagai penanaman karakter peduli di mi ma’arif mayak ponorogo

Lutfiyah, Riffi Firda (2019) persepsi siswa terhadap kegiatan jum’at infak sebagai penanaman karakter peduli di mi ma’arif mayak ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Riffi Firda.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lutfiyah. Riffi Firda 2019. Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Jum’at Infak Sebagai Penanaman Karakter Peduli di MI Ma’arif Mayak Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Faninda Novika Pertiwi, M.Pd.

Kata Kunci: Persepsi, Jum’at Infak, Karakter Peduli

Infak adalah ketentuan mengeluarkan sebagian harta untuk kemaslahatan umum, yang berarti suatu kewajiban yang dikeluarkan atas “keputusan manusia”. Berbeda dengan zakat, yang merupakan kewajiban, yang jenis, jumlah dan waktu pelaksanaanya ditentukan oleh Allah SWT, infak lebih luas dan umum. Kegiatan infak dapat dilakukan dimanapun individu berada. Misalkan ketika berada di sekolah seorang individu bisa ikut berpartisipasi melalui kegiatan infak di hari Jum’at. Dalam kegiatan ini terdapat beberapa karakter yaitu karakter peduli, karakter religius, karakter jujur, karakter tanggung jawab dan lain sebagainya. Akan tetapi tidak banyak sekolah yang sudah menerapkan kegiatan Jum’at Infak. Untuk itu perlu adanya dukungan dari pihak sekolah dan orangtua siswa dalam mengembangkan karakter baik di sekolah melalui kegiatan infak. Siswa adalah proses seseorang dalam menerima dan menyimpulkan informasi yang di dapat dari orang lain melalui indera penglihatan, pendengaran, pembauan, pengecapan dan perabaan sehingga dapat mengembangkan potensi berfikir yang dimiliki. Persepsi siswa terhadap kegiatan Infak berbeda-beda antara satu siswa dengan siswa lain. Perbedaan inilah yang mendasari peneliti untuk melakukan penelitian. Berdasarkan pengamatan pada magang 2, peneliti menemukan beberapa siswa yang tidak berinfak.
Berdasarkan uraian diatas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan tujuan: mengetahui kegiatan infak yang dilakukan oleh MI Ma’arif Mayak dan mengetahui persepsi siswa terhadap kegiatan Jum’at infak sebagai penanaman karakter peduli di MI Ma’arif Mayak.
Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan Jum’at infak di MI Ma’arif Mayak yaitu guru dan siswa ikut berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan rutin setiap hari Jum’at. Petugas kegiatan infak di MI Ma’arif Mayak yaitu siswa dan siswi kelas VI. Petugas dari kelas VI, karena dianggap sudah cakap dan mampu mengkoordinir untuk kelas dibawahnya. Pelaksanaan infak dimulai di pagi hari dengan siswa kelas VI memasuki satu per satu ruang kelas dan mengumpulkan uang infak. Persepsi siswa terhadap kegiatan Jum’at infak sebagai penanaman karakter peduli berbeda-beda. Perbedaan tersebut terjadi karena ada faktor internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Aug 2019 00:56
Last Modified: 12 Aug 2019 00:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7053

Actions (login required)

View Item View Item